Ratusan SPKLU PLN Siap Layani Pemudik

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
16 April 2023, 17:46
Sebanyak 616 SPKLU di jalur utama mudik siap melayani pengisian daya kendaraan listrik.
PLN
Seorang pelanggan memanfaatkan jasa pengisian daya kendaraan listriknya di SPKLU milik PLN.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalur utama mudik Lebaran 2023 siap melayani pelanggan. Perusahaan pelat merah itu menyiapkan 616 SPKLU yang tersebar di 279 titik di berbagai kota di Indonesia.

“Kami siap mendukung pemudik yang menggunakan mobil listrik agar tetap nyaman saat mudik,” ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (16/4).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia, mengungkapkan di wilayahnya ada 110 SPKLU yang tersebar di 27 kota/kabupaten. Total, terdapat 123 charger yang siap digunakan. Stasiun-stasiun pengisian daya ini berada di jalan tol yang merupakan jalur utama pemudik ke arah Jawa Tengah.

“Sementara, untuk pemudik yang berasal dari Jawa Barat dan menggunakan kendaraan listrik juga tidak perlu khawatir untuk men-charge kendaraannya. Dari Sukabumi hingga Pangandaran telah tersedia fasilitas SPKLU,” papar Susi.

Anton, seorang pemudik yang memanfaatkan layanan isi daya di SPKLU Rest Area 57A Jakarta Cikampek, mengaku sangat terbantu. “Untuk tahu lokasinya juga cukup mudah, tinggal lihat di aplikasi PLN Mobile,” ujar Anton. Kendaraan listrik menjadi pilihannya untuk mudik karena lebih irit dan nyaman.

SPKLU Rest Area 57A Jakarta Cikampek adalah SPKLU ultra-fast charging 200 kilowatt (kW). Selain SPKLU tersebut, SPKLU lainnya yang juga merupakan SPKLU ultra-fast charging 200 kW tersebar di Rest Area KM 62 B Jakarta Cikampek, Rest Area KM 130 A Cipali, Rest Area KM 101 B Cipali, Rest Area KM 228 A Kanci Pejagan, dan Rest Area KM 229 B Kanci Pejagan.

SPKLU jenis ini juga ada di Rest Area KM 88 A Cipularang, Rest Area KM 88 B Cipularang, Kantor PLN UP3 Bogor, serta Kantor PLN KP Limbangan dan PLN Braga Heritage (SPKLU Mobile).

Dengan hadirnya fasilitas SPKLU yang tersebar di berbagai titik, pemudik yang menggunakan kendaraan listrik akan lebih mudah merencanakan perjalanan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...