ESDM Tagih Janji Alih Aset Proyek IDD Chevron ke ENI Rampung Juli 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Juni 2023, 15:32
chevron, eni, kementerian esdm, proyek indonesia deepwater development, proyek idd, proyek migas laut dalam
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
ilustrasi proyek migas.

Kementerian ESDM menagih janji Chevron yang berjanji akan merampungkan alih kelola proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) fase II kepada ENI dapat rampung pada Juli 2023 untuk memastikan kelanjutan investasi proyek tersebut.

Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan tenggat waktu untuk proses alih kelola yang berlokasi di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur itu dapat mencapai final paling lambat pada Juli 2023 selepas pemerintah menetapkan perusahaan migas asal Italia, ENI, menjadi operator baru IDD menggantikan Chevron.

Arifin mengatakan kepastian alih aset proyek IDD mendesak rampung dalam waktu dekat. Alasannya, proyek tersebut merupakan salah satu dari empat proyek strategis nasional (PSN) dengan potensi produksi mencapai 844 juta kaki standar kaki kubik per hari (MMscfd) untuk gas alam dan 27.000 barel per hari (bopd) untuk minyak bumi.

"Pemerintah harus memastikan kesinambungan energi ke depan terjamin. Makanya Pemerintah minta harus ada kepastian pada Juli," kata Arifin di kantor Kementerian ESDM pada Jumat (23/6).

Lewat kepastian alih aset tersebut, pemerintah berharap dapat mengunci kepastian operasi komersial Proyek IDD pada awal 2024.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...