Pindah Lokasi, IPA Convex 2023 Digelar Akhir Juli di ICE BSD

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
3 Juli 2023, 17:17
IPA Convex 2023 akan diselenggarakan pada 25-27 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang.
Katadata
IPA Convex 2023 akan diselenggarakan pada 25-27 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang.

Dewan Direksi Indonesian Petroleum Association (IPA) memutuskan perubahan tempat dan waktu penyelenggaraan Pameran dan Konvensi IPA ke-47 (IPA Convex 2023).

Dari yang semula dijadwalkan pada 24-26 Mei 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) menjadi pada 25-27 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang. 

Hal ini dilakukan untuk mendukung persiapan keketuaan Indonesia dalam ajang ASEAN Summit 2023 yang akan berlangsung di Jakarta pada September 2023, di tempat yang sama dengan IPA Convex 2023 sebelumnya yaitu Jakarta Convention Centre.

Direktur Eksekutif IPA Marjolijn Wajong, menyampaikan bahwa keputusan tersebut diambil setelah berdiskusi yang cukup panjang antara IPA dan Dyandra Promosindo hingga dengan manajemen JCC dan Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

“Keputusan ini diambil setelah berbagai diskusi dan pertimbangan selama dua bulan terakhir. Meski demikian, kami ingin memastikan perubahan jadwal dan lokasi berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (3/7).

Seperti diketahui, ASEAN Summit 2023 akan dilaksanakan pada Mei dan September 2023. Dalam konteks acara tersebut, Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian PUPR untuk mempersiapkan seluruh akomodasi dan infrastruktur yang akan digunakan. 

Termasuk salah satunya adalah JCC yang akan digunakan sebagai lokasi acara pada September 2023.

“Kami menerima informasi resmi sekitar akhir Maret lalu bahwa JCC akan direnovasi pada periode Mei hingga Agustus 2023 untuk persiapan lokasi acara ASEAN Summit 2023. Hal itu membuat Dewan Direksi IPA memutuskan untuk mengubah tempat dan tanggal IPA Convex 2023," ujar Ketua Panitia IPA Convex 2023, Krishna Ismaputra.

Menurutnya, suatu kebanggaan tersendiri melihat Indonesia saat ini memiliki peran yang signifikan dalam pertemuan-pertemuan internasional seperti ASEAN Summit dan bahkan G20 yang sukses digelar pada tahun lalu. 

Untuk itu, lanjutnya, IPA sangat memahami dan mendukung rencana pemerintah untuk merenovasi JCC demi menyediakan lokasi acara bagi delegasi internasional pada ASEAN Summit 2023 dengan baik.

Meskipun mengalami perubahan baik tempat dan tanggal penyelenggaraan, Krishna menjamin lokasi baru IPA Convex 2023 akan tampil jauh lebih baik dengan tetap memperhatikan hal-hal yang harus disesuaikan karena lokasi acara berada di luar kota Jakarta. 

Dia memaparkan sejumlah fasilitas yang akan disediakan Panitia IPA Convex 2023, seperti free-shuttle dari dan ke Jakarta dan pengadaan area co-working space hingga 200 titik dengan dilengkapi koneksi internet dan panganan ringan gratis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...