9 Proyek Migas Bakal Onstream Tahun ini, Ada JTB dan Tangguh Train III

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Juli 2023, 13:15
proyek migas, lapangan migas, skk migas, jambaran tiung biru, jtb, tangguh train,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kegiatan produksi hulu migas berlangsung di Anjungan Central Plant dan Anjungan Bravo Flow Station Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ), lepas pantai utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

SKK Migas menyampaikan ada sembilan lapangan migas yang akan onstream sepanjang tahun 2023. Tiga diantaranya adalah lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB), proyek gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) Tangguh Train III, dan lapangan minyak Forel.

Adapun JTB dioperasikan oleh PT Pertamina EP Cepu, proyek LNG Tangguh Train III oleh BP, dan lapangan minyak Forel oleh Medco E&P Natuna.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan bahwa lapangan gas JBT bakal melaksanakan produksi maksimal 100% pada Juli ini. Sementara proyek LNG Tangguh Train III di Teluk Bintuni, Papua Barat dapat menjalankan produksi pertama alias first drop pada Agustus.

Kemudian lapangan minyak Forel pada Oktober 2023. Pengembangan Lapangan Forel berpotensi menambah produksi hingga 10.000 barel minyak per hari. Target ada sembilan proyek yang akan onstream tahun ini,” kata Dwi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (3/7).  

Adapun produksi maksimal pada proyek lapangan gas JTB dapat mencapai 192,75 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd). Pertamina selaku pengembang blok tersebut juga telah mengunci komitmen PLN dan PGN agar dapat menyerap produksi gas JTB dengan nilai kontrak pembelian 172 mmscfd.

Lebih lanjut, hasil produksi Train III akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan gas domestik. Hal ini termasuk untuk kebutuhan pembangkit listrik PT PLN.

Proyek yang memiliki kapasitas produksi 3,8 metrik ton per tahun itu dikembangkan berdasarkan persetujuan rencana pengembangan II, dengan nilai investasi dapat mencapai US$ 11 miliar atau setara Rp 159 triliun.

“Tangguh Train III diharapkan first drop di Juli dan harapannya ada ramp up,” ujar Dwi. “Yang kecil ada Forel, itu minyak. Diharapkan target onstream Oktober 2023.”

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...