Pemerintah Tentukan Nasib Divestasi Saham Vale Malam Ini

Andi M. Arief
31 Juli 2023, 16:01
divestasi, vale, pt vale,
Arief Kamaludin|KATADATA
PT Vale Indonesia Tbk.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akan menentukan nasib divestasi saham Vale kepada negara malam ini, Senin (31/7). Hal tersebut agar memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, yakni hingga akhir Juli 2023.

Bahlil mengatakan proses divestasi tersebut masih dalam proses bersama Kementerian ESDM. Seperti diketahui, pemerintah menargetkan untuk dapat memiliki tambahan saham sebesar 11% lagi. Divestasi ini menjadi syarat dari pemerintah jika Vale ingin memperpanjang kontrak karya yang akan berakhir Desember 2025.

"Malam saya akan rapat dengan Menteri ESDM, membahas finalisasi terhadap perpanjangan kontrak karya Vale," kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Senin (31/7).

Berdasarkan laporan keuangan Vale per Juni 2023, mayoritas saham Vale dimiliki oleh Vale Canada Limited sebesar 43,79%. Sementara itu, pemerintah melalui MIND ID memiliki saham sebesar 20%.

Jika MIND ID berhasil membeli saham melalui divestasi tersebut, total kepemilikan saham Vale oleh MIND ID menjadi 31%. Namun Vale dinilai akan dimiliki pemerintah lantaran saham yang dilepas ke publik mencapai 20%.

Dengan demikian, pemilikan divestasi saham Vale akan menentukan kepemilikan mayoritas oleh pemerintah. Hal ini penting lantaran pemilikan saham Vale oleh pemerintah sebanyak 51% jadi syarat perpanjangan kontrak karya Vale.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...