Pertamina EP Tajak Sumur Pengembangan Migas di Papua Barat

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Agustus 2023, 11:01
Pertamina
Pertamina
Pertamina EP Sangatta Field berhasil mencetak rekor produksi minyak tertinggi dalam 18 tahun.

Kerja sama operasi (KSO) Petroenergy Utama Weriagar milik Pertamina EP yang berkontrak dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) melakukan tajak sumur pengembangan WPL-3X di Lapangan Weriagar pada Senin, (7/8).

Sumur WPL-3X terletak di lapangan Weriagar, tepatnya di Blok Weriagar, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Sumur pengembangan tersebut dibor secara berarah atau vertikal menggunakan Rig WBR 02 (450 HP) dengan rencana kedalaman akhir sumur di 600 ftMD.

Pengeboran eksplorasi ini bertujuan untuk menguji potensi kandungan migas yang terdapat pada Formasi Kais. Program pengeboran sumur eksplorasi ini diperkirakan akan dilaksanakan hingga dua bulan ke depan.

Deputi Eksplorasi Pengembangan Dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara berharap tajak sumur WPL-3X mampu mendorong program pengeboran sumur eksplorasi di kawasan timur Indonesia.

"Potensi minyak dan gas masih sangat besar, wilayah ini berperan sebagai salah satu tulang punggung untuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari dan gas 12 miliar kaki kubik per hari pada 2030”, kata Benny, dikutip dari siaran pers pada Rabu (9/8).

Benny menambahkan industri hulu migas siap mendukung peningkatan cadangan migas nasional melalui pengeboran sumur eksplorasi yang lebih masif dan agresif pada 2023.

Target pengeboran sumur eksplorasi pada 2023 sebanyak 57 sumur atau meningkat 71% dibandingkan realisasi pengeboran sumur eksplorasi pada 2022 yang berjumlah 42 sumur.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...