Pertamina Bangun Terminal Energi Baru, Tampung BBM sampai Petrokimia

Lavinda
Oleh Lavinda
9 Agustus 2023, 10:37
Pertamina
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Foto udara sejumlah kapal motor bersandar di Tanggul Plaza Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (6/1/2023).

PT Pertamina (Persero) akan membangun terminal energi ramah lingkungan Jakarta Integrated Green Terminal di Kalibaru, Jakarta Utara.

Perusahaan pelat merah ini mengklaim terminal baru akan lebih besar dan modern dari Integrated Terminal Bahan Bakar Minyak atau TBBM Plumpang.

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina A Salyadi Saputra mengatakan Jakarta Integrated Green Terminal tidak hanya akan menampung bahan bakar, seperti elpiji, BBM, gasoline, dan biodiesel, tetapi juga dapat menampung LNG, CPO, UCO, dan petrokimia.

Selain itu, terminal juga bisa menampung hidrogen yang diperkirakan mengalami pertumbuhan permintaan pada 2030. Menurut dia, terminal ini akan mendukung ketahanan energi nasional.

"Jakarta Integrated Green Terminal dirancang untuk menjadi terminal energi dengan standar operasional terbaik di kelasnya dengan penerapan teknologi terbaru dan skala fleksibilitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan energi di area Jabodetabek," ucap Salyadi dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (9/8).

Menurut Salyadi, Pertamina memberi mandat kepada PT Pertamina International Shipping (PIS) untuk mengerjakan dan mengembangkan Jakarta Integrated Green Terminal tersebut. PIS dikenal sebagai Subholding Integrated Marine Logistics yang selama ini fokus mengelola terminal energi strategis.

Direktur Utama PIS Yoki Firnandi menjelaskan persiapan pembangunan Jakarta Integrated Green Terminal telah berjalan. Studi awal pengembangan konsep terminal baru ini bahkan sudah rampung dilakukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...