Bantuan Pasang Baru Listrik 2023 Sasar 15 Ribu Rumah Tangga di Jateng

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
14 Agustus 2023, 11:30
Listrik
Dok Kementerian ESDM

Pemerintah terus melakukan pembangunan jaringan listrik yang menjangkau seluruh tempat tinggal rumah tangga, termasuk di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) melalui program listrik perdesaan. 

Hal tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan akses listrik ke seluruh wilayah Indonesia dan mencapai target rasio elektrifikasi (RE) 100 persen. 

Dengan adanya infrastruktur jaringan listrik, rumah tangga yang belum memiliki listrik diharapkan bisa melakukan penyambungan listrik kepada PT PLN (Persero). Meski demikian, masih ada rumah tangga yang tidak mampu untuk melakukan penyambungan listrik. 

Oleh karena itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama DPR RI menginisiasi program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) bagi rumah tangga tidak mampu yang belum berlistrik sejak 2022.

Tahun ini, program BPBL menargetkan 125 ribu penerima manfaat yang tersebar di 34 provinsi. Target itu meningkat dibandingkan tahun 2022 yang menargetkan 80.000 rumah tangga dengan realisasi 80.183 penerima manfaat. 

Adapun untuk Provinsi Jawa Tengah, program BPBL akan mendapatkan alokasi sebesar 15 ribu rumah tangga. Hal tersebut disampaikan Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar dalam acara Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Kelurahan Baledono, Kabupaten Purworejo, Sabtu (13/05).

“Pada tahun 2023 Provinsi Jawa Tengah sendiri direncanakan mendapat alokasi sebesar 15.000 rumah tangga penerima BPBL,” ujarnya dikutip, Senin (14/8).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Anggota Komisi VII H. Abdul Kadir Karding. Ia mengatakan, pemerintah melalui Kementerian ESDM dan PLN mempunyai cita-cita tidak ada rumah tangga yang tidak punya listrik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...