Korporasi Migas Raksasa Incar 50% Hak Partisipasi Blok Tuna

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Agustus 2023, 20:16
Migas
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi Blok Migas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan sejumlah perusahaan migas raksasa internasional menjajaki peluang untuk mengambil 50% hak partisipasi Blok Tuna milik perusahaan migas asal Rusia, Zarubezhneft.

Zarubezhneft belakangan melepas hak partisipasi Blok Tuna. Ini imbas pemberlakukan sanksi Uni Eropa dan Pemerintah Inggris kepada Rusia karena terlibat konflik bersenjata dengan Ukraina.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tutuka Ariadji mengatakan beberapa perusahaan migas kelas kakap meminta untuk melihat data Blok Tuna. Hasil pengajuan buka data tersebut sudah dilirik oleh sejumlah perusahaan migas internasional maupun domestik yang berpotensi menggantikan Zarubezhneft di Blok Tuna.

“Sudah ada beberapa kandidat yang sudah buka data. Sebulan dari sini terkait siapa yang tertarik akan kami umumkan. Yang jelas perusahaan migas kelas dunia, bukan perusahaan lokal,” kata Tutuka di Gedung Nusantara II DPR Jakarta pada Selasa (29/8).

Pada kesempatan tersebut, Tutuka juga mengatakan Zarubezhneft telah mengajukan permohonan untuk angkat kaki dari Blok Tuna. “Sedang beranjak, sampai Zarubezhneft memenukan pengganti mereka di Blok Tuna. Kami harapkan bisa cepat,” ujar Tutuka.

Zarubezhneft lewat anak perusahaannya, ZN Asia Limited telah mendapatkan izin pengajuan buka data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai langkah awal untuk melepas 50% hak partisipasi di Blok Tuna.

SKK Migas mengabarkan Zarubezhneft masih dalam tahap mencari perusahaan yang bersedia untuk mengakuisisi hak partisipasi mereka di Blok Tuna.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...