Pertamina Izinkan Pengusaha Pertashop Jual Solar dan Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Agustus 2023, 18:24
Pertamina
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/Spt.
Operator melayani pembeli BBM jenis pertamax di pertashop di kawasan lereng gunung Sindoro Desa Sigedang, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (5/8/2023).

PT Pertamina membuka peluang bagi pengusaha Pertamina Shop alias Pertashop untuk menjual bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar dan Pertalite pada kuartal keempat 2023. Keputusan tersebut kini masih dalam proses kajian antara perseoran dan BPH Migas.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pembahasan antar dua otoritas distributor migas domestik itu mengacu pada keperluan infrastruktur yang harus dilengkapi oleh pelaku usaha Pertashop.

Nicke menjelaskan, Pertashop yang ingin menjual Solar dan Pertalite setidaknya harus memiliki infrastruktur serupa yang dipasang di SPBU. Infrastruktur yang dimaksud ialah skema digitalisasi yang memungkinkan Pertashop dapat memantau kondisi stok BBM, penjualan BBM dan transaksi pembayaran.

Seluruh data-data tersebut juga dapat diakses secara langsung oleh Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPH Migas. Dengan demikian, dapat saling mendukung untuk pengawasan penyaluran BBM termasuk yang bersubsidi yaitu Solar dan Pertalite.

“Diperlukan infrastruktur yang memadai di Pertashop mengingat untuk pertanggungjawaban terhadap auditor negara,” kata Nicke saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Rabu (30/8).

Berdasarkan hitung-hitungan Pertamina, pelaku usaha Pertashop akan mendapatkan margin yang lebih rendah 40% daripada penjualan BBM Pertamax.

Hal itu mengacu pada sifat Solar dan Pertalite yang merupakan BBM subsidi, sehingga pemerintah punya kewajiban untuk mematok margin penjualan dua BBM bersubsidi tersebut.

“Untuk mendapatkan level profit margin yang sama dengan Pertamax, pelaku usaha Pertashop harus menjual 3,5 kali lebih banyak,” ujar Nicke.

Sebelumnya, pengusaha Pertashop meminta Pertamina untuk mengizinkan akses penjualan produk BBM Pertalite atau RON 90 dengan harga non-subsidi.

Ketua Bidang Hukum Paguyuban Pengusaha Pertashop Jawa Tengah dan Yogyakarta, I Nyoman Adi Feri mengatakan para pengusaha Pertashop bersedia menjual BBM Pertalite pada kisaran harga Rp 11.200 sampai Rp 11.400 per liter. Harga ini lebih tinggi dibanding harga jual di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) senila Rp 10.000 per liter.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...