Bos Pertamina: Perubahan Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Usulan

Lavinda
Oleh Lavinda
31 Agustus 2023, 11:48
Pertamina
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (tengah) mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan rencana mengubah distribusi Pertalite menjadi Pertamax Green 92 masih berbentuk usulan yang sedang dikaji, dan belum diputuskan secara pasti.

Nicke menjelaskan Pertamina sedang mengkaji untuk meningkatkan kadar oktan bahan bakar minyak atau BBM Subsidi RON 90 menjadi RON 92. Hal itu dilakukan dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7%, sehingga menjadi Pertamax Green 92. Namun, kajian yang dinamakan Program Langit Biru Tahap 2 itu masih dilakukan secara internal.

“Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut,” kata Nicke Widyawati dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8).

Nicke menegaskan, implementasi Program Langit Biru Tahap 2 ini akan diusulkan kepada pemerintah, dan nantinya akan jadi kewenangan pemerintah untuk memutuskan.

Dia menambahkan, jika nanti usulan tersebut dibahas dan akhirnya menjadi program pemerintah, harga jual BBM jenis baru ini tentu akan diatur oleh pemerintah.

“Tidak mungkin Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) harganya diserahkan ke pasar, karena ada mekanisme subsidi dan kompensasi di dalamnya,” ujar Nicke.

Kajian tersebut menurut Nicke, dilakukan untuk menghasilkan kualitas BBM yang lebih baik, karena bahan bakar dengan kadar oktan lebih tinggi tentu akan semakin ramah lingkungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...