Bos Pertamina Beberkan Tiga Strategi Bisnis Capai Nol Emisi Karbon

Lavinda
Oleh Lavinda
6 September 2023, 16:09
Pertamina
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Galih Pradipta/aww.
Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan paparannya saat menjadi pembicara dalam CEO Talk dengan tema Mengembangkan infrastruktur hijau di Indo-Pasifik pada hari kedua ASEAN-Indo-Pacific Forum 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memaparkan tiga inisiatif yang dijalankan perusahaan untuk merealisasikan Net Zero Emission atau nol emisi karbon.

Hal ini disampaikan dalam CEO Forum pada Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 bertajuk 'Transformation Today for Impact Tomorrow'.

Ketiga strategi menuju bisnis energi bersih dalam jangka panjang antara lain: Pertama, mengkonversi sebagian infrastruktur minyak dan gas (Migas) konvensional menjadi infrastruktur pengolahan energi hijau. Kedua, mengintegrasi bisnis kilang dan petrokimia. Ketiga, mengalokasikan belanja modal untuk nol emisi karbon serta mengembangkan bisnis emisi negatif karbon.

"Kami melakukan mitigasi risiko bisnis untuk jangka panjang, bagaimana optimalisasi aset sebagai mesin pertumbuhan," ujar Nicke, Rabu (6/9).

Lebih rinci, strategi pertama untuk mendorong transisi energi ialah dengan mengkonversi kilang minyak menjadi kilang pengolahan bioenergi.   

"kami akan mengkonversi refinery. Dari tujuh refinery, sebanyak tiga di antaranya akan dikonversi menjadi green refinery yang akan memproduksi bioenergi," sebut Nicke.

Menurut dia, Indonesia memiliki banyak sumber bioenergi yang masih terabaikan. Padahal sumber energi alternatif ini bisa menjadi pilar bisnis Indonesia. Maka itu, Pertamina akan terus mengembangkannya secara optimal.

Nantinya, bioenergi akan dikembangkan untuk membuat bahan bakar minyak untuk kendaraan yang ada saat ini menjadi lebih berorientasi lingkungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...