ESDM Sebut Elektrifikasi 4 Sektor Ini Percepat Upaya Dekarbonisasi

Muhamad Fajar Riyandanu
26 September 2023, 16:07
Pemimpin Redaksi Katadata Yura Syahrul dan Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Gigih Udi Atmo dalam diskusi Indonesia\'s Net Zero Roadmap for the Energy Sector, dalam Katadata Sustainable Action For the Future Ec
KATADATA/HARI WIDOWATI
Pemimpin Redaksi Katadata Yura Syahrul dan Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Gigih Udi Atmo dalam diskusi Indonesia\'s Net Zero Roadmap for the Energy Sector, dalam Katadata Sustainable Action For the Future Economy (SAFE) 2023, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai penyerapan listrik besar-besaran pada sektor industri, transportasi, rumah tangga dan sektor bangunan, serta komersial dapat mempercepat upaya dekarbonisasi, khususnya pada karbondioksida (CO2) yang menyebabkan perubahan iklim.

Direktur Konservasi Energi Gigih Udi Atmo mengatakan saat ini pemerintah tengah mengoptimalkan serapan listrik lewat upaya elektrifikasi dari keempat sektor tersebut. Elektrifikasi dipercaya mampu menekan keluaran CO2 yang dipicu oleh pembakaran bahan bakar fosil.

"Bicara net zero emission itu tidak hanya mengedepankan sektor supply tapi juga sektor demand. Demand di sini ada sektor industri, transportasi hingga rumah tangga. Ini sektor utama untuk dekarbonisasi," kata Gigih saat menjadi pembicara di Katadata Sustainable Action for the Future Economy (SAFE) 2023 di Grand Ballroom Kempinski Hotel, Jakarta, pada Selasa (26/9).

Kementerian ESDM mengomandoi proyek transisi energi melalui program konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor baterai listrik. Kementerian ESDM juga telah menetapkan pedoman umum yang mengatur mekanisme bantuan pemerintah dalam program konversi tersebut.

Stimulus Konversi Motor BBM menjadi Motor Listrik Minim Peminat

Regulasi itu diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 tahun 2023. Aturan tersebut menetapkan bahwa penyaluran bantuan atau insentif diberikan dalam bentuk potongan biaya konversi kepada penerima bantuan secara perseorangan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...