Pipa Pertamina di SPBU Kediri Bocor, Air Sumur Warga Tercemar

Lavinda
Oleh Lavinda
3 Oktober 2023, 13:47
Pertamina
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/Spt.
Petugas mengawasi pengisian BBM kedalam truk tangki di Depo Pertamina Terminal Integrated Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (26/9/2023).

PT Pertamina menemukan ada kebocoran di pipa Pertamax dari tangki pendam ke dispenser di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Tempurejo, Kediri, Jawa Timur. Hal itu diketahui setelah Tim Pertamina melakukan uji tekanan atau pressure test di SPBU tersebut. 

Kepala Humas Pertamina atau Section Head Communication Relation Patra Niaga Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Taufiq Kurniawan mengatakan tim independen yang diminta untuk memeriksa lokasi SPBU telah menemukan indikasi kebocoran.

"Pada saat dilakukan pengujian pressure test dan pneumatic test untuk pipa Pertamax dari tangki pendam ke dispenser itu terdapat perubahan tekanan yang mengindikasikan adanya rembesan di situ," katanya di Kediri, Senin (2/10).

Kendati demikian, Taufiq menjelaskan pihaknya belum dapat memastikan lokasi titik rembesan dan penyebab rembesan terjadi. Saat ini, pihak ketiga independen yang ditunjuk bersama dan disepakati warga masih menjalankan tahap penelusuran.

"Kami juga lakukan proses lebih lanjut untuk menemukan titiknya itu di mana dan penyebabnya oleh tim independen yang disepakati warga. Paralel kami juga musyawarah dengan warga," ujar Taufiq.

Pertamina sudah menginstruksikan ke SPBU dan semua pihak terkait untuk menjalankan prosedur yang sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM terkait penanganan insiden serupa.

Pihaknya juga sudah menginstruksikan SPBU untuk tutup sementara selama proses uji ini. Selain itu, kompensasi juga diberikan ke warga setempat yang terdampak, yakni berupa bantuan air bersih dan air minum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...