APBI Minta Dilibatkan soal Pembahasan Tarif di Pelabuhan Muara Berau

Lavinda
Oleh Lavinda
4 Oktober 2023, 11:06
APBI
Katadata
APBI

Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar melibatkan pihaknya dalam pembahasan rekomendasi usulan tarif jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Muara Berau Samarinda, Kalimantan Timur. Pasalnya, pengusaha batu bara berperan sebagai pengguna jasa.

"APBI sudah mengajukan surat permohonan ke Kementerian Perhubungan agar merevisi PM No.121 Tahun 2018 dengan mencantumkan APBI sebagai salah satu pengguna jasa yang wajib dilibatkan dalam pembahasan usulan tarif jasa kepelabuhanan," kata Ketua Umum APBI Pandu Sjahrir seperti dikutip Antara, Rabu (4/10).

Pandu mengungkapkan pihaknya juga mengirim surat permohonan kepada Kemenhub agar pemerintah mengkaji kembali tarif jasa kepelabuhanan yang telah ditetapkan. 

"APBI menyampaikan akan sangat bijak jika pemerintah mengkaji kembali tarif tersebut dengan berpegang pada prinsip keadilan agar pengguna jasa tidak dirugikan dan kepentingan negara dalam hal ini kelancaran ekspor dan pasokan PLN tidak terganggu oleh penetapan tarif baru ini," ujar Pandu.

Sebagai mitra, kata Pandu, APBI selalu mendukung pemerintah dalam memperlancar aktifitas ekspor untuk penerimaan negara serta pasokan ke PLN untuk ketahanan energi nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...