Pertalite Diganti Pertamax Green 92, Pakar Sorot Daya Beli dan Subsidi

Mela Syaharani
17 Oktober 2023, 12:31
pertalite, pertamax green, bbm
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Petugas bersiap melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Green 95 saat peluncuran BBM tersebut di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (24/7/2023).

Pemerintah tengah mengkaji untuk mengganti BBM Pertalite dengan Pertamax Green 92. BBM ini merupakan campuran BBM Pertalite dengan kandungan 7% bioetanol atau E7.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro menilai rencana ini perlu melihat aspek ekonomi. “Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena kan ini harganya tentu lebih mahal,” kata Komaidi kepada Katadata.co.id pada Selasa (17/10).

Menurutnya jika pengganti Pertalite ini memiliki harga yang lebih mahal, maka muncul dua permasalahan yakni terkait daya beli masyarakat dan subsidi. Dia berkata, kedua poin ini yang perlu disadari pemerintah jika ingin melaksanakan rencana penggantian tersebut.

“Kalau pemerintah mau jaga daya beli, berarti subsidinya nambah. Tapi kalau subsidinya mau dijaga supaya tidak melampaui yang sudah ditetapkan tentu daya beli masyarakat yang akan terkena,” jelas Komaidi.

Kendati demikian, Komaidi juga mengungkapkan ini merupakan rencana ini bagus jika dilihat dari aspek lingkungan atau aspek keberlanjutan lingkungan. “Ada perbaikan kualitas udaranya, emisi gas buangnya tentu nanti lebih baik,” jelas Komaidi.

Komaidi menganggap rencana ini sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Kementerian LHK mengenai baku mutu minimal BBM. “Baku mutunya minimal di atas RON 91 ketetapannya. Jadi kalau pertamax kan 92, artinya sudah sesuai,” ucap Komaidi.

Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan realisasi distribusi Pertamax Green 92 masih dalam tahap kajian pemerintah dan Pertamina selaku badan usaha distribusi BBM.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...