Ada 11 WK Migas Nonkonvensional, ESDM Fokus dulu pada Blok Rokan

Mela Syaharani
20 Oktober 2023, 16:01
migas nonkonvensional, wk migas, blok rokan, blok migas
Dok PHR
Blok Rokan.

Pemerintah saat ini tengah melakukan pengembalian kontrak kerja sama atau terminasi 50 wilayah kerja (WK) migas kepada negara. Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa 11 WK diantaranya berasal dari blok migas nonkonvensional (MNK).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan untuk terminasi 11 WK MNK ini memiliki skema khusus. Selain itu pemerintah tidak akan langsung mengembangkan potensi MNK dari 11 WK migas tersebut. “Nanti MNK kan ada aturannya sendiri,” kata Arifin saat ditemui Katadata.co.id pada Jumat (20/10).

Arifin menerangkan, pihaknya saat ini akan terus mengupayakan pengembangan migas nonkonvensional, namun dia menyebut pemerintah akan fokus pada salah satu blok terlebih dahulu. “Kita konsentrasi dulu sama Blok Rokan biar kita jadi punya pengalaman dulu nih,” ucapnya

Dia menjelaskan, akan dilakukan pengeboran sebanyak dua kali di Blok Rokan, tepatnya di sumur Gulamo dan Kelok. “Sekarang sudah ngebor satu, Desember nanti ngebor satu lagi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pemanfaatan shale gas oil memerlukan teknologi khusus berupa fracking atau fracturing, yang mahal dan memiliki risiko. Dirjen Migas menyebut, komoditas minyak ini yang membuat Amerika Serikat berubah dari importir minyak terbesar menjadi eksportir.

Sedangkan CBM atau gas metana merupakan sumber energi yang efisien dan bersih yang tersebar di Indonesia dan prospek untuk dikembangkan secara ekonomis. Nilai kalor metana murni adalah 35,9 MJ/m3, yang setara dengan nilai kalor dari 1,2 kg batubara standar.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...