Pertamina Tajak Sumur Migas Nonkonvensional Perdana di Blok Rokan

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Juli 2023, 08:31
pertamina, migas non konvensional, mnk, blok rokan
Pertamina
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati meninjau tajak sumur migas non konvensional perdana di Blok Rokan.

PT Pertamina Hulu Rokan alias PHR melaksanakan tajak perdana sumur migas nonkonvensional (MNK) di Sumur Gulamo, Blok Rokan pada Kamis (27/7). Kegiatan eksplorasi MNK merupakan kerja sama dengan perusahaan eksplorasi migas asal Amerika Serikat, EOG Resources Internasional.

Tajak sumur diresmikan langsung oleh sejumlah pejabat negara seperti Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Dirjen Migas Tutuka Ariadji.

Selain itu turut hadir Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Wiko Migantoro, Direktur Utama PHR Chalid Salim Said, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Direktur Utama PHR Chalid Salim Said mengatakan, sumber daya MNK di Blok Rokan berada di formasi pematang brown shale, yakni batuan induk utama hidrokarbon yang ada di kawasan Sumatera bagian tengah.

PHR juga mendeteksi temuan sumber daya MNK di bagian lower red bed, yakni formasi bebatuan yang berada di bawah brown shale. Potensi ini berada pada kedalaman lebih dari 6.000 kaki.

“Di WK Rokan potensi MNK ini ada di wilayah sumur Gulamo, dengan rencana total kedalaman mencapai 8.559 kaki," kata Chalid dalam siaran pers, dikutip pada Jumat (28/7).

Berdasarkan hasil pengujian Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat pada 2013 lalu, potensi MNK pada lima cekungan di Indonesia mengandung sumberdaya minyak dan gas in-place masing-masing sebesar 234 miliar barel minyak (BBO) dan 303 triliun kaki kubik (TCF).

Salah satu potensi sumber daya MNK itu berada pada cekungan Sentral Sumatera Basin, di mana Blok Rokan yang dikelola oleh PHR merupakan bagian dari cekungan tersebut.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...