Cina Batasi Ekspor Logam Tanah Jarang, Bidik Dominasi Industri Baterai

Happy Fajrian
24 Oktober 2023, 17:42
logam tanah jarang, cina, ekspor, industri baterai kendaraan listrik
Wikipedia
Ilustrasi logam tanah jarang.

Pemerintah Cina mulai membatasi ekspor logam tanah jarang (rare earth) jenis graphite atau grafit yang banyak digunakan dalam memproduksi baterai kendaraan listrik. Kini pelaku usaha di sana harus memiliki izin ekspor khusus jika ingin mengekspor grafit.

Cina adalah negara produsen dan pengekspor grafit terbesar dunia. Sebelumnya Cina juga telah membatasi ekspor logam tanah jarang lainnya yakni galium dan germanium yang banyak digunakan untuk cip komputer dan komponen lainnya.

Banyak pengamat menilai kebijakan ini sebagai pembalasan atas Amerika Serikat (AS) yang membatasi penjualan produk teknologi dari Cina. Pembatasan ekspor grafit telah meningkatkan kekhawatiran di negara-negara barat bahwa Cina akan membatasi ekspor logam tanah jarang lainnya yang produksinya didominasi oleh negara itu.

Kepala analis bidang logam baterai di Argus, Tom Kavanagh, mengatakan mineral penting lainnya yang produksinya didominasi Cina termasuk kobalt olahan, nikel, dan mangan yang digunakan dalam memproduksi baterai kendaraan listrik.

“Dapat dibayangkan bahwa mereka akan memanfaatkan hal ini untuk keuntungan mereka ketika negara-negara lain mencoba meningkatkan produksi baterai mereka,” kata Kavanagh, seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (24/10).

Sebelumnya pada 2010 Cina telah membatasi ekspor logam tanah jarang ke Jepang menyusul sengketa wilayah. Ini menyebabkan harga melonjak dan Jepang harus mencari sumber alternatif. Beijing mengatakan pembatasan itu didasarkan pada masalah lingkungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...