Permintaan Energi Fosil Global Diramal Capai Rekor Tertinggi pada 2024

Happy Fajrian
26 Oktober 2023, 11:04
energi fosil, minyak, gas, migas, batu bara,
Zukiman Mohamad/Pexels
Ilustrasi kilang minyak lepas pantai.

Laporan terbaru dari Economist Intelligence Unit (EIU) menyatakan bahwa permintaan energi fosil global, yakni minyak, gas, dan batu bara, akan meningkat 1,8% ke rekor tertingginya sepanjang masa pada 2024.

Meski dibebani harga tinggi dan disrupsi pasokan, laporan EIU menunjukkan bahwa permintaan minyak dan gas akan meningkat tahun depan. Sedangkan permintaan energi baru terbarukan (EBT) juga akan meningkat sekitar 11%.

Konsumsi energi dan bahan bakar fosil global diperkirakan akan menentang perang dan harga yang tinggi serta mencapai rekor tertinggi pada 2024, didorong oleh kuatnya permintaan dari Asia.

“Meskipun harga bahan bakar fosil masih tinggi dan gangguan rantai pasokan belum terselesaikan, permintaan bahan bakar fosil akan mencapai rekor tertinggi, namun permintaan energi terbarukan akan meningkat sebesar 11%,” tulis penulis laporan tersebut seperti dikutip Oilprice, Kamis (26/10).

Permintaan minyak saja diperkirakan akan meningkat sebesar 1,7%. Permintaan gas alam diperkirakan tumbuh sebesar 2,2%, dipimpin oleh Asia dan Timur Tengah, sementara Eropa akan terus mengalami penurunan permintaan karena berupaya menghemat gas dan energi.

“Penambahan kapasitas energi terbarukan mencapai rekor tertinggi tahun ini, yaitu sekitar 400 gigawatt (GW) dan akan terus meningkat pada tahun 2024,” tulis laporan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...