Serapan Produksi Husky CNOOC Terhambat Surplus Pasokan Gas di Jatim

Nadya Zahira
2 November 2023, 10:54
WHP Superintendent BD Field Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), Redhata Rangkuti
Katadata/Nadya Zahira

Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), kontraktor kontrak kerja sama pengelola Blok Madura Strait, saat ini menjadi produsen gas terbesar di Jawa Timur. Namun serapan produk  HCML kurang optimal karena pasokan gas di Jawa Timur mengalami surplus.

Well Head Platform (WHP) Superintendent Lapangan BD, Redhata Rangkuti mengatakan, pasokan gas melebihi dari permintaan karena bekum optimalnya pengembangan industri pengguna gas di daerah tersebut. “Selain itu juga karena sejumlah proyek masih dalam tahap pembangunan,” ujar Redhata saat ditemui di Kantor HCML, Madura,  Jawa Timur, Rabu (1/11).

Redhata mengatakan, penyebab lainnya yang membuat penyerapan gas belum penuh yaitu belum tersambungnya infrastruktur gas dari Jawa Timur ke Jawa Barat, “Maka hal ini sedang kami cari solusinya agar kedepannya bisa tersambung,” kata dia. 

Dia mengatakan, meski penyerapan HCML belum sesuai dengan produksinya, namun pihaknya selalu memonitor performa sumur-sumur di lapangan. Monitoring tersebut salah satunya dilakukan dengan cara membuka sumur sesuai dengan kebutuhan pembeli, sehingga tidak membuat kualitas reservoar menjadi buruk. 

"Kami tentunya selalu berusaha untuk memaksimalkan sumur-sumur kami. Jadi kami melakukan maintenance minimum opening, untuk Lapangan BD," ujarnya. 

Dia menyebutkan, tercatat sampai tanggal 31 Oktober 2023, total kapasitas produksi gas yang dihasilkan dari lapangan BD rate gas dari sumur) sekitar 120 MMSCFD sedangkan sales gas sebesar 110 MMSCFD. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...