Pertamina Usulkan BBM Bersubsidi Hanya untuk Kendaraan Taat Pajak

Mela Syaharani
22 November 2023, 15:23
pertamina, bbm bersubsidi, subsidi bbm, mypertamina, subsidi tepat
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Petugas memindai QR Code pengendara yang akan mengisi bahan bakar jenis solar subsidi di salah satu SPBU di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (25/1/2023).

Pertamina mengupayakan penyaluran BBM bersubsidi yang tepat sasaran melalui program Subsidi Tepat. Salah satu usulan Pertamina untuk memastikan subsidi BBM lebih tepat sasaran yaitu dengan membatasi hanya kendaraan yang taat pajak saja yang dapat membelinya.

"Ke depannya secara bertahap seluruh data pendaftar Subsidi Tepat akan diusulkan untuk diverifikasi menggunakan data Samsat, dan akan difilter untuk kendaraan yang tertib pembayaran pajaknya," dikutip dari paparan yang disampaikan Pertamina dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR, Selasa (21/11).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan Pertamina melakukan cara melalui pengupayaan pengendalian, pencegahan, serta pengawasan untuk penyaluran subsidi BBM.

“Dari sisi pencegahan dimana proses registrasi kita juga melakukan pemblokan dan pengecekan data di Korlantas dan Samsat,” kata Riva dalam rapat.

Data per 19 November 2023 menunjukkan bahwa total pendaftar program Subsidi Tepat telah mencapai 7.898.648 unit. Dari jumlah tersebut 77,41% pendaftar diterima atau berhak membeli BBM bersubsidi, 8,92% ditolak, 1,74% masih menunggu verifikasi, dan 11,93% belum submit.

Kemudian dari 77,41% pendaftar yang diterima atau 6.114.262 unit kendaraan, 50,5% atau 3.088167 unit mendaftar untuk mendapatkan Pertalite, dan sisanya 49,5% atau 3.026.095 kendaraan untuk mendapatkan solar subsidi (biosolar).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...