SKK Migas: Indonesia Punya 128 Cekungan, Baru 20 Berproduksi

Mela Syaharani
27 November 2023, 10:43
SKK Migas
Arief Kamaludin | Katadata
SKK Migas

SKK Migas mengatakan Indonesia memiliki 128 cekungan atau basin yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah tersebut baru 20 cekungan yang sudah berproduksi. 

“Kami terus mengingatkan the potential is always there, jadi banyak yang masih kami jual,” kata Kepala Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi Suryodipuro  dalam acara National Media Engagement di Bogor pada Sabtu (27/11).

Melihat banyaknya potensi yang belum diproduksi, ia mengharapkan para investor untuk tertarik mengelola cekungan-cekungan tersebut. “Jadi bukan hanya bergerak di wilayah kerja yang sudah mereka miliki tetapi bagaimana kita bisa ngejar yang undrilled itu,” ujarnya.

Berdasarkan data SKK Migas, 128 cekungan di Indonesia ini terdiri dari beberapa kategori. Pertama, 20 cekungan yang sudah berproduksi. Kedua, 8 cekungan sudah dibor tapi belum berproduksi.

Ketiga, 19 cekungan dengan indikasi hidrokarbon. Keempat, 13 cekungan sudah dibor tapi belum ditemukan. Terakhir, 68 cekungan yang belum dibor. 

Menurut buku saku Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), per September 2023 Indonesia memiliki cadangan potensial dan terbukti dari minyak bumi mencapai 4,7 miliar barel (BBO) dan gas bumi sebanyak 54,76 triliun kaki kubik (TCF).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...