Pertamina International Shipping Tambah Armada Tanker LPG Raksasa

Image title
11 Mei 2024, 13:40
Pertamina International Shipping
Pertamina International Shipping
Ilustrasi, kapal tanker LPG milik Pertamina International Shipping (PIS).
Button AI Summarize

PT Pertamina International Shipping atau PIS, menambah kekuatan armada dengan mendatangkan dua kapal tanker gas raksasa very large gas carrier (VLGC), yakni Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia.

Dua kapal tanker baru tersebut, akan dioptimalkan untuk mengangkut komoditas LPG dan petrokimia berupa propylene maupun amonia. Selain itu, VLGC juga akan ditujukan untuk perdagangan rute internasional.

Mengutip keterangan resmi, Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia memiliki panjang sekitar 300 meter, dengan kapasitas sebesar 91.000 m3. Dua kapal tanker LPG raksasa ini, diproduksi oleh Hanwa Ocean, perusahaan galangan kapal asal Korea Selatan.

“VLGC ini bukan sekedar kapal, tapi testamen kolaborasi internasional, kecanggihan teknologi, dan komitmen dalam mendukung ketahanan energi Indonesia. Kolaborasi internasional ini, kami yakini bisa mendorong kapabilitas PIS, dalam memperkuat infrastruktur energi,” kata Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (11/5).

Ia menjelaskan, kedatangan dua kapal tanker raksasa milik Pertamina International Shipping ini hadir di momen yang tepat, untuk mendorong peran penting pemerintah melalui Pertamina dalam penyaluran LPG untuk industri dan rumah tangga.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer PIS Yoki Firnandi mengatakan, penambahan dua kapal tanker raksasa menjadikan perusahaan sebagai salah satu pemilik VLGC terbanyak di Asia Tenggara, dengan total tujuh kapal VLGC.

“Semakin bertambahnya armada VLGC yang lebih ramah lingkungan, juga menunjukkan komitmen PIS mendukung transisi energi dan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Yoki.

Ia menjelaskan, VLGC Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia merupakan kapal tanker gas raksasa terbesar di dunia yang menggunakan teknologi terkini dan ramah lingkungan. Dua tanker baru ini, juga akan langsung beroperasi di rute internasional, dengan pelayaran pertamanya dari Houston, Amerika Serikat (AS), pada awal Mei 2024.

Saat ini, terdapat sebanyak 419 tanker VLGC yang berlayar di seluruh dunia, dengan rata-rata usia kapal 10,08 tahun. Dengan penambahan dua kapal baru, PIS kini memiliki tujuh tanker VLGC, dengan rerata usia 3,42 tahun.

Yoki menjelaskan, rerata usia VLGC milik Pertamina International Shipping yang tergolong muda menjadi keunggulan tersendiri. Ini terutama dari sisi kualitas operasional yang lebih andal, memenuhi regulasi terkini, serta memanfaatkan teknologi baru yang bisa menekan emisi gas buang lebih rendah.

Pertamina Gas Caspia dan Pertamina Gas Dahlia punya beberapa keunggulan seperti, fleksibilitas muatan yang tertinggi di kelasnya hingga 39 kombinasi muatan, dan fasilitas akomodasi anti pembajakan atau full accommodation anti-piracy. Bahkan, VLGC Pertamina Gas Dahlia langsung dikelola PIS dan diawaki 100% kru Indonesia.

Sebagai informasi, deretan VLGC milik PIS yang sudah ada sebelumnya, antara lain Pertamina Gas 1, Pertamina Gas 2, Pertamina Gas Amaryllis, Pertamina Gas Tulip, dan Pertamina Gas Bergenia.

Sejalan dengan komitmen keberlanjutan Pertamina, kedua kapal juga dilengkapi dengan energy saving device dan shaft generator yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi karbon, serta menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni dual fuel dan selective catalytic reduction (SCR) untuk mengurangi polusi hujan asam (NOx).

Dengan tambahan dua tanker raksasa LPG dari Korsel, total armada kapal milik Pertamina International Shipping menjadi 102 unit. Ini termasuk very large crude carrier (VLCC), VLGC, Suezmax dan kapal ukuran lainnya. Sebanyak 60 kapal di antaranya beroperasi di rute internasional.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...