Putin dan MBS Makin Mesra, Perkuat Kerja Sama untuk Jaga Harga Minyak

Happy Fajrian
7 Desember 2023, 12:01
vladimir putin, mohammed bin salman, mbs, rusia, arab saudi, harga minyak
kremlin.ru
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Putera Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (6/12). Keduanya membahas salah satunya penguatan kerja sama untuk mengendalikan harga minyak.

Hubungan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) kian mesra. Keduanya membahas kerja sama lebih lanjut mengenai harga minyak pada pertemuan di Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (6/12).

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, yang dikutip oleh kantor berita Rusia, mengatakan kerja sama akan berlanjut di dalam OPEC+, yang mencakup Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia.

Advertisement

Pertemuan tersebut terjadi setelah jatuhnya harga minyak meskipun ada janji OPEC+ untuk memangkas produksi lebih lanjut. “Kami berbicara lagi tentang kerja sama dalam OPEC+,” kantor berita Interfax mengutip pernyataan Peskov seperti dikutip dari Reuters, Kamis (7/12).

“Para pihak sepakat bahwa negara kita memikul tanggung jawab besar untuk berinteraksi guna menjaga pasar energi internasional pada tingkat yang tepat, dalam keadaan stabil dan dapat diprediksi,” kata Peskov menambahkan.

Putin, yang jarang meninggalkan Rusia sejak mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022, juga diperkirakan akan membahas Ukraina dan konflik di Gaza.

Laporan Saudi mengenai pertemuan tersebut mengatakan putra mahkota memuji koordinasi bersama antara kedua negara "yang membantu meredakan ketegangan di Timur Tengah".

“Kami memiliki banyak kepentingan dan dokumen yang sama yang kami kerjakan bersama demi kepentingan Rusia, Kerajaan Arab Saudi, Timur Tengah, dan juga dunia,” kata MBS seperti dikutip Saudi Press Agency.

Dalam sambutannya di awal pembicaraan mereka, yang ditayangkan sebelumnya di televisi Rusia, Putin berterima kasih kepada MBS, sebutan putra mahkota, atas undangannya. Dia awalnya mengira dia akan mengunjungi Moskow, tetapi ada perubahan rencana.

Pertemuan mereka berikutnya harus diadakan di Moskow, katanya, dan “Tidak ada yang bisa menghalangi berkembangnya hubungan persahabatan kami.”

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya telah menunjukkan pesawat Ilyushin-96 milik pemimpin Kremlin diapit oleh jet tempur Sukhoi-35S dalam penerbangannya dari Rusia ke Uni Emirat Arab.

Delegasi Putin terdiri dari para pejabat tinggi bidang minyak, ekonomi, urusan luar negeri, luar angkasa, energi nuklir, dan para pemimpin bisnis.

Pada perhentian pertamanya di Abu Dhabi, Presiden Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan menyambut “sahabatnya”, sementara jet UEA yang melintas mengikuti warna bendera Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement