Pertamina Temukan Dua Sumber Daya Migas Baru di Jawa Barat

Happy Fajrian
14 Desember 2023, 12:27
migas, pertamina, cadangan migas, sumber daya migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina berhasil menemukan sumber daya minyak dan gas (migas) baru dari dua sumur eksplorasi di Jawa Barat.

Dua sumur tersebut yaitu East Akasia Cinta (EAC)-001 di Wilayah Kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu, dan sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di WK PEP Tambun Field, Kabupaten Bekasi.

Melalui uji alir produksi (drill stem test/DST), sumur EAC-001 diperoleh hasil laju alir minyak sebesar 30 BOPD, gas mencapai 2,08 MMSCFD dan kondensat setara 15,05 BCPD.

“Pengeboran ini menjadi salah satu pionir dalam pembuktian konsep eksplorasi yang berbeda untuk menemukan serta membuka potensi akumulasi migas yang baru di area onshore Jawa Barat Utara,” kata Vice President Explorations Pertamina EP Indra Yuliandri, Kamis (14/12).

Direktur Utama Pertamina EP Wisnu Hindadari menyampaikan bahwa Pertamina EP konsisten mendorong pengeboran eksplorasi di wilayah kerjanya untuk memastikan reserve to production ratio di regional Jawa tetap terjaga dengan baik pada tahun-tahun mendatang.

“EAC-001 dan EPN-001 merupakan sumur eksplorasi yang bisa menguatkan optimisme pencarian sumber daya baru di area yang tergolong mature untuk dapat segera berkontribusi dalam menjaga daya dukung produksi minyak dan gas dalam beberapa waktu ke depan,” kata Wisnu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...