Genjot Produksi Migas, Pertamina Terapkan EOR CO2 di Lapangan Sukowati

Happy Fajrian
8 Desember 2023, 13:47
pertamina, eor co2, emisi karbon, produksi migas
Katadata / Trion Julianto
Ilustrasi.

Pertamina melakukan injeksi CO2 perdana di Lapangan Sukowati di Bojonegoro, Jawa Timur. Ini langkah awal penerapan enhanced oil recovery (EOR) untuk menggenjot produksi migas.

Injeksi CO2 ini juga sebagai langkah Pertamina untuk mengurangi emisi karbon mengurangi emisi karbon melalui teknologi carbon capture and storage (CCS)/carbon capture, utilization, and storage (CCUS).

EOR menggunakan CO2 merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengejar target produksi minyak 1 juta barel pada 2030. Sedangkan teknolgi CCS atau CCUS bertujuan mengurangi emisi sehingga tercapai Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat.

Sebelumnya Pertamina sukses melakukan penyuntikan perdana CO2 di Lapangan Jatibarang. Pertamina bergerak cepat untuk melanjutkan teknologi tersebut di lokasi lain, yakni di Lapangan Pertamina EP Sukowati, Bojonegoro Jawa Timur.

Hal tersebut ditandai dengan peresmian injeksi perdana CO2 ke Lapangan Sukowati menggunakan metode Huff & Puff yang dilakukan pada Kamis (7/12), di Bojonegoro Jawa Timur.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan metode huff & puff ini memberikan konfirmasi dan validasi mengenai teknologi EOR secara spesifik dalam skala sumuran, sehingga selanjutnya diharapkan dapat diterapkan di lapangan migas lainnya yang sedang aktif melakukan studi CO2-EOR.

Ia mengapresiasi injeksi CO2 yang dilakukan oleh Pertamina ini dan berharap dapat berjalan dengan baik dan bisa menjadi pembelajaran bagi pengembangan CCS/CCUS di Indonesia.

“Teknologi CCUS menjadi enabler yang mampu meningkatkan produksi migas melalui CO2-EOR sekaligus mengurangi emisi GRK secara signifikan,” kata Tutuka dikutip dari siaran pers pada Jumat (8/12).

Dia menambahkan bahwa Lapangan Sukowati akan menjadi contoh di masa depan dengan kapasitas CO2 yang besar untuk pengembangan teknologi CCUS di lapangan migas lainnya di Indonesia.

Sebanyak 500 Ton CO2 diinjeksikan ke sumur Sukowati-18 (SKW-18) selama 7 hari. Penerapan teknologi CCUS ini diharapkan meningkatkan produksi lapangan melalui penerapan CO2 EOR.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...