Bantah Batu Bara Sunset, ESDM: Masih Dibutuhkan untuk Capai Net Zero

Happy Fajrian
14 Desember 2023, 13:38
batu bara, net zero emission, nze, energi baru terbarukan, ebt, energi terbarukan
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).

Kementerian ESDM menilai industri batu bara belum memasuki masa sunset meski di tengah berkembangnya energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan rendah emisi, sejalan dengan ambisi pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Meski memiliki ambisi besar, pemerintah tidak bisa serta merta langsung meninggalkan energi berbasis fosil seperti batu bara.

Plt. Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid menuturkan bahwa untuk mencapai NZE, batu bara tetap diupayakan agar selaras dan tidak bertabrakan dengan arah kebijakan NZE, mengingat sumber daya batu bara Indonesia cukup melimpah.

“Sumber daya dan cadangan batu bara Indonesia saat ini masih cukup banyak dengan total sumber daya sebesar 98,5 miliar ton dan cadangan sebesar 33,8 miliar ton,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Kamis (14/12).

Wafid mengatakan ada asumsi yang keliru yang berpendapat bahwa industri batu bara akan mengalami 'sunset', seiring dengan tumbuhnya EBT sebagai tumpuan dalam pemanfaatan energi. Padahal, untuk mencapai NZE dan hilirisasi mineral dunia, batu bara masih sangat dibutuhkan.

Selain untuk mendukung hilirisasi mineral, Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi juga tengah menggali potensi lain batu bara dengan menginventarisasi batu bara metalurgi di Indonesia sehingga batubara memiliki nilai tambah yang lebih tinggi.

“Sebelumnya batu bara Indonesia dijual sebagai batu bara termal saja, padahal untuk beberapa jenis batu bara tertentu memiliki karakteristik sebagai batu bara metalurgi yang berguna dalam industri baja dan smelter pengolahan mineral, sehingga harga jualnya jauh lebih tinggi daripada batu bara termal,” kata Wafid.

Sunset Industri Batu Bara

Sunset industri batu bara diprediksi oleh berbagai lembaga di dunia. Salah satunya Rystad Energy yang mengatakan bahwa permintaan batu bara untuk kelistrikan dunia akan memuncak pada tahun ini, dan konsumsinya akan terus turun di tahun-tahun mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...