Konsumsi Batu Bara Global Diperkirakan Turun Mulai 2024

Mela Syaharani
12 Desember 2023, 16:08
batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).

Batu bara masih menjadi salah satu sumber energi utama negara-negara di dunia. Namun konsumsinya diperkirakan akan mulai turun di sejumlah wilayah, seperti Uni Eropa dan negara-negara pengonsumsi terbesar di dunia seperti Cina dan India pada 2024.

“Negara-negara itu akan mengalami sedikit penurunan konsumsi batu bara, karena puncak konsumsi batu bara negara-negara ini terjadi pada 2023,” kata Direktur riset INDEF Berly Martawardaya dalam webinar Road To IMEC 2023 yang dipantau secara daring pada Selasa (12/12).

Berly menyebut penurunan konsumsi ini berkaitan dengan gerakan transisi energi yang akan semakin masif. “Transisi energi itu nyata dan perlu diwaspadai oleh teman-teman karena lambat laun akan semakin masif,” kata dia.

Berbeda dengan proyeksi 2024, tren konsumsi batu bara dalam tiga tahun terakhir ini menunjukkan sedikit peningkatan. Berdasarkan data IEA pada periode 2021-2023, Cina dan India konsisten mengalami peningkatan konsumsi batu bara.

Volume konsumsi Cina bahkan lebih dari 4.000 metrik ton dalam setiap tahunnya, sementara India mencapai lebih dari 1.000 metrik ton. Berbeda dengan Cina dan India, konsumsi batu bara terus menurun di Amerika Serikat dan Uni Eropa.

“Konsumsi batu bara Uni Eropa dan Amerika menurun pada 2021-2023. walaupun mereka masih memiliki konsumsi yang lumayan tapi terus menurun,” ujar dia.

Faktor transisi energi merupakan salah satu hal yang menyebabkan penurunan volume konsumsi batu bara. Berly menyebut, transisi energi akan semakin masif dalam lima tahun ke depan, meskipun dia mengakui tren ini tidak akan langsung diikuti oleh negara-negara berkembang

“Prediksi saya 5 tahun ke depan negara berkembang akan ikut transisi ketika harga energi terbarukan semakin murah,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...