Kejar Temuan Baru, SKK Migas Eksplorasi Sumur Bor di Laut Andaman Aceh

Mela Syaharani
2 Januari 2024, 15:14
Migas
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Helikopter terbang di atas KRI Bontang 907 yang memantau posisi KRI Nanggala 402 di perairan utara pulau Bali, Bali, Jumat (30/4/2021). Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengatakan akan terus mengupayakan proses evakuasi KRI Nanggala dari dasar laut sedalam 839 meter diantaranya dengan bantuan kapal SKK Migas dan kapal angkatan laut China yang memiliki kemampuan mengangkat beban sedalam 1.000 meter.
Button AI Summarize

SKK Migas bersama Premier Oil Andaman Ltd melakukan pengeboran sumur eksplorasi Gayo-1 di wilayah kerja (WK) Andaman II pada Minggu (31/12). Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi D. Suryodipuro mengatakan, pengeboran ini dilakukan melihat temuan besar WK Andaman II pada 2022 lalu.

"Kami bersama KKKS yang aktif beroperasi di Laut Andaman berusaha untuk menggali kembali potensi cadangan migas di sana, salah satunya melalui pengeboran sumur eksplorasi Gayo-1," kata Hudi dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Selasa (2/1).

Seperti diketahui, Sumur Gayo-1 berada di Laut Andaman, Provinsi Aceh, yang saat ini sedang menjalani pengeboran vertikal menggunakan Rig West Capella (Drillship) dengan rencana kedalaman akhir mencapai 11.733 ft True Vertical Depth (TVD) RT.

Hudi menyampaikan, pengeboran ini bertujuan untuk mengevaluasi kandungan hidrokarbon di reservoir Bampo Sandstones. Fokusnya pada perolehan data reservoir dan fluida dari LWD, wireline logging, coring, serta pengambilan sampel downhole di open-hole, dengan sumber daya yang diperkirakan mencapai GIP 1.205 TCF dan Recoverable 723 BCF & 33.5 MMSTB.

"Status operasi saat ini, menunjukkan pengeboran sumur Gayo-1 sedang berada pada tahap pengeboran lubang 36 Conductor dengan target kedalaman di 4.230 ft TVD SS. Program pengeboran ini direncanakan berlangsung selama 78 hari ke depan, termasuk kegiatan pengetesan sumur," ujarnya.

Cari Sumber Cadangan Migas

Melalui pengeboran ini, Hudi berharap dapat membuahkan hasil yang baik. "Kami berharap sumur eksplorasi ini akan menjadi sumber temuan cadangan migas yang besar, sebagaimana yang kami temukan melalui pengeboran sumur Layaran-1 beberapa waktu yang lalu," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...