SKK Migas Minta Mubadala Kebut Pengembangan Temuan Gas South Andaman

Mela Syaharani
29 Desember 2023, 11:38
skk migas, temuan gas, cadangan gas, blok andaman
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi.

SKK Migas sepanjang tahun 2023 berhasil menemukan dua sumber gas besar atau giant discovery, salah satunya di wilayah kerja (WK) South Andaman. Guna menjaga keandalan masa depan energi Indonesia, SKK Migas menekankan perlunya percepatan proses produksi agar temuan tersebut dapat segera dioptimalkan.

“Tahun 2024 akan dimulai appraisalnya, 2025-2026 sudah Plan Of Development (POD) dan di 2028-2029 sudah onstream,” kata Deputi Eksplorasi, Pengembangan, dan Manajemen SKK Migas, Benny Lubiantara, dalam siaran pers yang dikutip pada Jumat (29/12).

Menurut Benny percepatan ini dibutuhkan sebab mayoritas investor migas yang hendak melakukan eksplorasi akan memilih wilayah kerja yang sudah memiliki infrastruktur dan lebih dekat dengan pasar. Tidak hanya percepatan, Benny juga mengharapkan adanya perbaikan dari sisi fiscal term maupun non fiscal term (ease of doing business).

“Kita perlu melakukan perbaikan yang benar-benar baik, artinya, perbaikan tersebut bisa meningkatkan daya pikat investasi Indonesia, mengingat saat ini kita tengah dalam kondisi bersaing dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Sebagai informasi, Mubadala Energi pada Desember ini baru saja menemukan cadangan gas bumi in place dengan potensi lebih dari 6 TCF (trillion cubic feet). Temuan ini berasal dari sumur Eksplorasi Layaran-1.

Lokasi tersebut sekitar 100 kilometer lepas pantai Sumatera bagian utara. WK South Andaman merupakan WK migas yang dilelang pada 2018 dan baru diteken kontrak pengelolaannya oleh Kementerian ESDM dan Mubadala Energy pada Februari 2019 dengan menggunakan mekanisme gross split.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...