Pemerintah Lelang 21 Wilayah Pertambangan pada 2023, Hanya 9 yang Laku

Mela Syaharani
17 Januari 2024, 16:37
lelang wilayah izin usaha pertambangan, esdm, minerba
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Ilustrasi wilayah tambang.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM mengatakan sepanjang 2023 telah melelang 21 wilayah izin usaha pertambangan (WIUP). Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ing Tri Winarno dari jumlah tersebut, hanya 9 WIUP saja yang berhasil dilelang.

“Jadi sembilan itu kami katakan bahwa itu sudah hampir selesai, beberapa diantaranya tujuh WIUP sudah ada penetapan SK pemenang,” kata Tri dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa (16/1).

Sementara 12 WIUP lainnya, Tri menyebut dalam prosesnya mengalami kegagalan. “Gagal itu bisa saja ada peminat, tetapi tidak lolos kualifikasi atau bisa juga memang beberapa tidak ada peminat,” ujar Tri

Terkait WIUP yang tidak ada peminat, Tri menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang dapat memicu sehingga akan melakukan evaluasi. Tri menyebut dalam proses lelang ini juga melibatkan beberapa pihak. “Untuk pendampingan terkait lelang ini supaya betul-betul bisa dilaksanakan secara akuntabel dan fait,” ucap Tri.

Tri berharap pelaksanaan lelang ini dapat terselenggara secara transparan. “Jika ada 1-2 pihak mengajukan keberatan maka dapat kami tanggapi pada saat masa sanggah,” kata dia.

Di kesempatan yang sama, Plt Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Suswantono mengatakan ada penekanan dari Menteri ESDM kepada pihaknya tentang pelaksanaan lelang.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...