Luhut Singgung BBM EURO 5, Pertamina: Kilang Balikpapan Siap Produksi

Mela Syaharani
22 Februari 2024, 13:44
pertamina, bbm, euro 5, kilang balikpapan, luhut
PT Kilang Pertamina Balikpapan
Proyek RDMP Kilang Balikpapan.
Button AI Summarize

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan pihaknya dengan Pertamina sedang dalam proses pengembangan BBM berstandar EURO 4 dan 5 sebagai salah satu langkah untuk mengurangi polusi udara.

Merespon hal ini, VP Corporate Communication PT Pertamina (persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan saat ini Pertamina sudah memiliki BBM setara Euro 4 yakni Pertamax Turbo dan Pertamina Dex.

Sedangkan untuk BBM berstandar Euro 5 akan dapat diproduksi setelah proyek Refinery Development Masterplan (RDMP) kilang rampung. Salah satunya yaitu Kilang Balikpapan.

“Kilang Balikpapan saat ini sedang dalam masa transisi dalam rangka integrasi kilang eksisting ke kilang baru,” ujarnya kepada Katadata.co.id pada Kamis (22/2).

Fadjar menyebut, ketika proyek Kilang Balikpapan sudah bisa beroperasi secara penuh, maka kilang ini dapat memproduksi bahan bakar dengan standar Euro 5. “Kami harapkan tahun ini bisa beroperasi dengan penuh,” ucapnya.

Dilansir dari laman resmi MyPertamina, Pertamax Turbo merupakan bahan bakar dengan Ron 98 yang memiliki kandungan sulfur dibawah 50 ppm memenuhi standar EURO 4. Pertamax Turbo juga dilengkapi dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...