PHM Raih FID Proyek OPLL-3B Offshore Senilai Rp 4,7 T di Blok Mahakam

Mela Syaharani
22 Februari 2024, 16:55
blok mahakam, pertamina hulu mahakam, pertamina
Pertamina Hulu Mahakam
Blok Mahakam.
Button AI Summarize

Pertamina Hulu Mahakam (PHM) telah menerima persetujuan keputusan akhir investasi atau final investment decision (FID) untuk melanjutkan pelaksanaan proyek Optimasi Pengembangan Lapangan-Lapangan/OPLL-3B Offshore senilai lebih dari US$ 300 juta di Blok Mahakam.

Direktur Utama PHI John Anis mengatakan Blok Mahakam merupakan salah satu tulang punggung produksi migas Indonesia. Saat ini produksi gas Blok Mahakam dikomersialisasikan untuk memenuhi kebutuhan industri pupuk, petrokimia, pembangkit listrik, serta gas kota di wilayah Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, John juga menyebut produksi gas WK Mahakam juga digunakan sebagai gas alam cair (LNG) melalui fasilitas PT Badak NGL.

“Untuk memenuhi kontrak domestik dan kelebihannya jika ada digunakan untuk ekspor sesuai alokasi yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM” ujar John melalui siaran pers yang dikutip pada Kamis (22/2).

Lingkup kegiatan proyek OPLL-3B Offshore ini meliputi pengeboran dan penyambungan 32 sumur infill serta kegiatan perforasi dan pengendalian kepasiran (workover) yang akan dibutuhkan pada sumur-sumur di lapangan lepas pantai Peciko, South Mahakam, dan Sisi Nubi di Blok Mahakam.

Adapun 32 sumur yang diusulkan ini terdiri dari sumur baru dan sumur sidetrack yang tersebar di ketiga lapangan. Kegiatan pengeboran direncanakan secara bertahap mulai 2024. Rencana Kerja OPLL-3B Offshore ini sebelumnya sudah mendapatkan persetujuan SKK Migas.

Proyek ini diharapkan menambah cadangan migas dan berkontribusi pada keberlanjutan produksi Blok Mahakam, menciptakan value creation bagi perusahaan, serta memberikan efek pengganda bagi ekonomi regional.

Efek pengganda tersebut berupa berupa pemenuhan kebutuhan gas domestik, kilang Pertamina RDMP, pemberdayaan kontraktor lokal, serta peningkatan kapasitas nasional. PHM berkomitmen terus melakukan pengembangan sumur migas agar memberikan nilai yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Oleh karena itu, pengerjaan sumur-sumur pada proyek OPLL-3B Offshore ini pun akan menggunakan platform-platform existing sehingga dapat mengoptimalkan fasilitas produksi yang masih berfungsi dengan baik,” ucap John.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...