Pertamina Hulu Mahakam Pakai Cara Ini untuk Genjot Produksi Migas

Mela Syaharani
9 November 2023, 21:37
Pertamina Hulu Mahakam Pakai Cara Ini untuk Genjot Produksi Migas
Pertamina Hulu Mahakam
Pertamina dorong produksi Blok Mahakam

Pertamina Hulu Energi melalui Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menjadi operator di salah satu sumur minyak dari lapangan North Processing Unit (NPU), Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Lapangan ini beroperasi sejak 1998 yang berada di area rawa/swamp yang pada awalnya dirancang sebagai lapangan pengolah gas. Field Manager NPU Andi Suhendra mengatakan dalam perjalanannya, sumur-sumur yang dioperasikan di lapangan NPU turut menghasilkan minyak.

“Hal ini menjadi tantangan karena keseluruhan desain awal hanya untuk gas, dan bila tidak dilakukan improvement akan menyebabkan emulsi minyak dan menyebabkan permasalahan", kata Suhendra, dikutip Kamis (9/11).

Lapangan NPU saat ini mampu memproduksi minyak 4000 Barel Minyak Per Hari (BOPD) dan gas sebanyak 60 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD).

Tak hanya berfungsi sebagai lapangan produksi, NPU juga menjadi tempat pemisahan antara gas dan minyak. Lapangan NPU berinovasi dengan menggunakan metode Capability for Unblocking Emulsion Oil (Capucino). Metode ini dapat menghilangkan emulsi yang dihasilkan dari produksi minyak, sehingga minyak dan air dapat terpisah. 

"Kami senantiasa mendorong terus inovasi untuk dapat menemukan terobosan positif yang dapat mendukung ketersediaan minyak dan gas bumi," ucapnya

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...