Pacu Produksi Blok Mahakam, Pertamina Tajak 92 Sumur Sampai Akhir 2023

Mela Syaharani
9 November 2023, 16:03
blok mahakam, pertamina, produksi minyak, produksi migas
Pertamina Hulu Mahakam
Pertamina dorong produksi Blok Mahakam.

Pertamina Hulu Mahakam (PHM) terus berupaya meningkatkan produksi migas di Blok Mahakam yang telah mature dan memasuki fase penurunan produksi alamiah (natural decline).

Guna menahan laju penurunan produksi tersebut, pada tahun 2023 PHM terus melakukan pengeboran sumur. Tercatat hingga kuartal III 2023 telah menajak 55 sumur yang terdiri atas 54 sumur pengembangan serta 1 sumur eksplorasi.

Hingga akhir 2023, PHM memperkirakan ada 92 sumur ditajak yang terdiri atas 90 sumur pengembangan dan 2 sumur eksplorasi. Dari jumlah ini diharapkan adanya tambahan produksi 2023 dengan rata-rata tahunan diperkirakan sebesar 3180 BOPD untuk minyak dan 75 MMscfd untuk gas.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami berhasil menahan laju penurunan produksi alamiah yang tinggi dan mempertahankan tingkat produksi pada lapangan-lapangan migas yang sudah mature.” ujar General Manager PHM Setyo Sapto Edi dikutip pada Kamis (9/11).

PHM juga menerapkan berbagai inovasi dan teknologi guna meningkatkan recovery rate dari sumur-sumur migas yang ada. “Kami juga menerapkan praktik-praktik engineering terbaik dalam memelihara dan meningkatkan keandalan fasilitas operasi dan produksi migas yang sudah berumur puluhan tahun,” kata dia.

Selain itu, pemberian insentif dari pemerintah kepada Blok Mahakam pada awal 2021 telah memberikan kemampuan bagi Wilayah Kerja Mahakam untuk melanjutkan program kerja pengembangan secara lebih ekstensif termasuk menjalankan program eksplorasi yang ditujukan untuk membuka potensi prospek cadangan migas.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...