BPH Migas Akan Revisi Aturan Subpenyalur dan Pengawasan BBM Subsidi

Ferrika Lukmana Sari
25 Februari 2024, 18:44
BBM
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/YU
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di salah satu SPBU Desa Kuta Padang, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Jumat (23/2/2024). Berdasarkan data pemberian kuota tahun 2024 dari Badan pengatur hilir minyak dan gas bumi (BPH Migas), Pemerintah Provinsi Aceh mendapatkan kuota BBM bersubsidi sebanyak 1.000.883 kiloliter (KL) yang terdiri dari Jenis BBM Tertentu (JBT) sebesar 411.981 KL untuk solar, minyak tanah sebesar 3.360 KL dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) sebanyak 585.542
Button AI Summarize

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan segera merevisi Peraturan BPH Migas Nomor 06 Tahun 2015 tentang Penyaluran Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan pada Daerah yang Belum Terdapat Penyalur.

Beberapa poin aturan yang direvisi meliputi definisi subpenyalur, prosedur penunjukan dan penetapan subpenyalur, format pembinaan dan pengawasan, lokasi pendirian subpenyalur, alokasi volume kebutuhan masing-masing konsumen pengguna hingga sanksi.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, revisi tersebut diperlukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan jenis BBM tertentu (JBT) atau BBM subsidi dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) atau BBM kompensasi.

"Saat suatu daerah tidak bisa dibangun penyalur atau tidak ada investor yang berminat, maka subpenyalur adalah salah satu alternatif solusi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan JBT atau BBM subsidi dan JBKP atau BBM kompensasi," kata Erika dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (25/2).

Hal ini diungkapkan Erika dalam Public Hearing Revisi Peraturan BPH Migas Nomor 6 Tahun 2015 di Bandung, Kamis (22/2). Acara tersebut juga dihadiri Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief, Harya Adityawarman, Iwan Prasetya Adhi, dan Yapit Sapta Putra.

Jangkau BBM Subsidi hingga Wilayah 3T

Pemerintah berkomitmen menghadirkan energi di tengah masyarakat dengan harga yang terjangkau, tidak terkecuali di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) serta wilayah yang belum terdapat penyalur BBM subsidi dan/atau kompensasi.

Dalam beberapa kunjungan kerja ke daerah, terutama di wilayah kepulauan yang belum terdapat penyalur, Erika menemukan banyak masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan BBM.

"Kadang mereka berinisiatif untuk bersama-sama mengambil BBM di satu tempat, kemudian dibawa dengan jerigen-jerigen. Namun, di tengah jalan, mereka terpaksa diberhentikan dan berurusan dengan aparat penegak hukum, karena memang kita belum mengaturnya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...