Banyak Temuan Jumbo, Asia Tenggara Primadona Baru Industri Migas Dunia

Happy Fajrian
1 Maret 2024, 17:37
migas, cadangan migas, temuan migas,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).
Button AI Summarize

Perusahaan-perusahaan energi dunia meningkatkan kegiatan eksplorasi di Asia Tenggara seiring banyaknya temuan cadangan migas baru, terutama gas alam, dalam jumlah besar di kawasan ini.

“Eksplorasi untuk meningkatkan produksi gas alam dan memenuhi pertumbuhan permintaan jangka panjang, yang didorong oleh penemuan-penemuan baru-baru ini dan kebijakan investasi yang lebih baik,” kata para eksekutif dan analis perusahaan seperti dikutip Reuters, Jumat (1/3).

Malaysia dan Indonesia baru-baru ini mencatat keberhasilan dalam penemuan sektor hulu, termasuk penemuan besar oleh Mubadala Energy di Blok Andaman Selatan, setelah bertahun-tahun kurangnya investasi di sektor ini sejak anjloknya harga minyak pada 2015.

Karena pertumbuhan ekonomi dan populasi akan memacu pertumbuhan permintaan gas yang berkelanjutan di wilayah tersebut, yang diperkirakan akan mencapai puncaknya sebelum tahun 2040.

“Ada peluang penting untuk investasi di bidang gas dan LNG (gas alam cair),” kata COO Mubadala Energy, Stefano Raciti pada konferensi industri di Kuala Lumpur minggu ini. “Di Asia Tenggara, kami yakin hal ini berarti melanjutkan investasi dalam eksplorasi dan memperluas produksi gas”.

Mubadala sedang berupaya memperluas produksi di ladang gas Pegaga di Malaysia di mana dua perusahaan energi besar akan terlibat untuk pertama kalinya melalui akuisisi baru-baru ini.

TotalEnergies Prancis bulan lalu mengumumkan akuisisi 50% saham SapuraOMV dan Chevron yang berkantor pusat di Malaysia, dengan mengakuisisi Hess yang memiliki aset di Malaysia.

Secara terpisah, Pertamina dari Indonesia dan Petronas dari Malaysia mengakuisisi 35% saham Shell di blok Masela yang dioperasikan Inpex.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...