Harga Minyak Terus Naik, Pemerintah akan Evaluasi Harga BBM Usai Juni

Mela Syaharani
8 Maret 2024, 14:33
harga bbm, harga minyak,
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/YU
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di salah satu SPBU Desa Kuta Padang, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Jumat (23/2/2024).
Button AI Summarize

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pemerintah akan tetap menahan harga jual bahan bakar minyak (BBM) non subsidi hingga Juni mendatang.

Meski begitu harga kemungkinan akan dievaluasi pada Juni dengan mempertimbangkan pergerakan harga minyak dunia. “Kira-kira Juni lah kami akan lihat. Karena harga minyak dunia sudah hampir US$ 83 per barelnya ya,” ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat (8/3).

Sebagai informasi, Pertamina tidak menaikkan harga bahan bakar minyaknya pada 1 Maret 2024. Ini merupakan kedua kalinya bagi perusahaan pelat merah tersebut untuk mempertahankan harga BBM tersebut. Kompetitornya melakukan langkah sebaliknya.

Arifin mengatakan akan ada perhitungan khusus bagi Pertamina karena telah menahan harga BBM non subsidi untuk mengurangi kemungkinan tergerusnya pendapatan Pertamina. “Ya kan nanti ada hitungannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa langkah pemerintah menahan harga BBM dan tarif listrik hingga pertengahan tahun ini adalah untuk memastikan perekonomian masyarakat tetap tumbuh.

“Jadi BBM kita jaga hari ini untuk memastikan ekonomi rakyat tetap tumbuh, ekonomi Indonesia tetap tumbuh, beban di rakyat hari ini harus kita jaga,” ujar Erick di Jakarta, Senin (4/3).

Erick menyampaikan, keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM, salah satunya karena melihat kondisi rakyat yang sebelumnya mengalami kesulitan lantaran naiknya harga beras di sejumlah daerah.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...