Pabrik Baterai Listrik di Karawang Mulai Produksi Massal April

Syahrizal Sidik
9 Maret 2024, 13:38
Indonesia Mulai Produksi Massal Baterai Kendaraan Listrik April
Britishvolt.com
Ilustrasi Gigafactory, pabrik baterai kendaraan listrik. Indonesia akan mulai memproduksi baterai kendaraan listrik secara massal pada April tahun ini.
Button AI Summarize

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan Indonesia akan memulai produksi massal baterai kendaraan listrik pada April tahun ini. 

Staf Khusus Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tina Talisa, mengatakan baterai tersebut akan diproduksi oleh PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berbasis di Karawang, Jawa Barat.

Momentum ini tidak hanya menandai Indonesia sebagai negara produsen sel baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara, namun juga mengukuhkan komitmen pemerintah dalam mendukung proyek pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik (grand package) senilai US$ 9,8 miliar atau Rp 142 triliun.

Tina Talisa menegaskan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, pemerintah ingin fokus mengembangkan hilirisasi. Maka dari itu, pemerintah memberikan perhatian khusus setelah dilakukan groundbreaking pada September 2021 lalu. “Hilirisasi adalah cara untuk menciptakan nilai tambah dari kekayaan alam yang melimpah di Indonesia, salah satunya adalah nikel," kata Tina, dalam keterangan pers, Sabtu (9/3). 

Produksi sel baterai kendaran listrik ini akan membuat Indonesia menjadi negara pertama produsen sel baterai kendaraan listrik di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi terbaru dari LG.

Presiden Direktur PT HLI Green Power Hong Woo Pyoung menyatakan kesiapan HLI untuk melakukan produksi massal. Selain itu, Hong juga mengungkapkan bahwa industri baterai kendaraan listrik di Indonesia ini nantinya mampu melahirkan engineer muda pionir yang memiliki kemampuan dalam pembuatan sel baterai mobil listrik. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...