BBM Bersubsidi akan Dibatasi, Pertamina Patra Niaga: Kami Siap Dukung

Mela Syaharani
13 Maret 2024, 13:51
pertamina, bbm bersubsidi, subsidi bbm, pertalite,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ke mobil di SPBU 24.307.167 Jalan Raya Palembang - Jambi KM86, Tanjung Kerang, Sungai Lilin, MuSi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (11/4/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah sedang memproses revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Revisi yang akan mengatur pembatasan penjualan BBM bersubsidi, Pertalite dan Solar tersebut, dilaporkan telah memasuki tahap akhir dan ditargetkan rampung pada Juni 2024.

Dalam revisi tersebut, pemerintah akan mengatur detail kriteria kendaraan yang dapat mengisi Pertalite. Pemerintah juga berencana membuat perbedaan harga Pertalite sesuai dengan jenis kendaraannya.

PT Pertamina Patra Niaga mengatakan sebagai distributor BBM penugasan siap mendukung apa yang menjadi kebijakan dari regulator. “Prinsipnya, kami sebagai operator siap mendukung apa yang menjadi penugasan dari regulator,” ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting kepada Katadata.co.id pada Rabu (13/3).

Sebelumnya, Kementerian ESDM tengah mengupayakan revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014 rampung tahun ini. “Targetnya tahun ini harus sudah jalan. Dalam beberapa bulan ini selesai, karena draftnya sudah satu tahun,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di kantornya pada Jumat (8/3).

Revisi Perpres ini akan menjadi regulasi acuan penyaluran BBM bersubsidi, Pertalite dan Solar agar lebih tepat sasaran. “Mudah-mudahan selesai pada kuartal kedua tahun ini,” ucapnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...