Menteri ESDM: Dokumen Perpanjangan IUPK PT Vale Rampung Hari Ini

Mela Syaharani
22 Maret 2024, 14:29
pt vale indonesia tbk, iupk, perpanjangan kontrak
Arief Kamaludin|KATADATA
Logo PT Vale Indonesia Tbk.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM telah menyelesaikan dokumen resmi perpanjangan kontrak karya (KK) PT Vale Indonesia Tbk menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK) pada hari ini Jumat (22/3).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan proses perpanjangan IUPK Vale sudah selesai. “Sudah (selesai). Dokumen resminya minggu ini. Hari ini Insyaa Allah,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat (22/3).

Sebagai informasi, divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk kepada PT Mining Industry Indonesia (MIND ID) akhirnya rampung setelah ditandatanganinya dokumen transaksi pengambilalihan saham divestasi Vale Indonesia, di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (26/2).

Dalam perjanjian ini Vale melakukan divestasi saham sebanyak 14% kepada MIND ID selaku holding perusahaan pertambangan BUMN dengan saham senilai Rp 3.050 per lembarnya.

Untuk nilai investasi dari divestasi saham ini, MIND ID jumlahnya berkisar US$ 300 juta-an. Berakhirnya proses divestasi saham ini menjadikan MIND ID sebagai pemilik saham terbesar dari PT Vale Indonesia yakni sebanyak 34%.

Arifin mengatakan pemberian IUPK ini akan memperpanjang izin operasi Vale di Indonesia hingga 20 tahun ke depan. “Sesuai dengan yang diminta. Ya kira-kira (20 tahun), karena MIND ID sudah paling besar porsinya (kepemilikan saham) disitu,” ujarnya.

Dia mengatakan perpanjangan IUPK Vale diberikan atas dasar rekomendasi dari Kementerian ESDM, bukan Kementerian Investasi. “Rekomendasinya dari kami,” ucapnya.

Arifin menyampaikan dalam pemberian IUPK terbaru ini dia berharap Vale dapat menyelesaikan tiga proyek High-Pressure Acid Leach ( HPAL) nikel yang sedang dibangun.

“Ya mudah mudahan, kami kasih waktu sesuai IUPK ini, lima tahun sesudah izin semua (proyek HPAL) selesai dan itu sudah harus terbangun,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan kemajuan proyek hilirisasi Vale akan memasuki tahap groundbreaking tahun ini.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...