ESDM Setujui Revisi POD Lapangan Migas Ande-Ande Lumut

Mela Syaharani
28 Maret 2024, 14:56
esdm, migas, lapangan migas, ande ande lumut, pod, skk migas, produksi migas
medcoenergi
Ilustrasi blok migas.
Button AI Summarize

SKK Migas bersama Prima Energy Northwest Natuna Pte. Ltd. (PENN) telah menyelesaikan pembahasan revisi rencana pengembangan atau PoD (Plan of Development) I untuk lapangan migas Ande-Ande Lumut (AAL).

Revisi PoD tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri ESDM pada 5 Maret 2024. Deputi Eksplorasi, Pengembangan, dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas, Benny Lubiantara mengatakan pengembangan lapangan AAL lumayan menantang.

“Disamping lokasi yang remote dan di perbatasan, sifat minyak pada reservoir tersebut adalah jenis heavy oil serta ada kecenderungan memiliki masalah kepasiran (sand problem), yang memerlukan penanganan khusus sehingga biaya operasional yang dibutuhkan relatif tinggi,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip pada Kamis (28/3).

Sebagai informasi Lapangan Minyak AAL termasuk lapangan dengan karakteristik minyak berat yang terletak di perairan Laut Natuna Barat, 20 km dari perbatasan Malaysia dan berjarak sekitar 260 km dari daratan terdekat (Matak, Anambas).

Penemuan Lapangan Minyak AAL dimulai dengan dilakukannya pemboran eksplorasi sebanyak 4 sumur. Sumur pertama AAL-1X dibor pada 2000, diikuti sumur AAL-2X dan AAL-3X pada 2006, serta 1 sumur appraisal AAL-4X dibor pada 2016.

Dari hasil DST (Drill Steam Tests) yang dilakukan sebesar 1.220 BOPD minyak dengan 15° API di Lapisan K sand dan sebesar 800 BOPD dengan 12° API di lapisan G sand. Lapangan Minyak AAL memiliki perkiraan volume in place sebesar 214 MMSTB (K and G2 sand) dan diperkirakan dapat memproduksi minyak sebesar 42,7 MMSTB.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...