Bos Pertamina Pastikan akan Cabut Izin SPBU Nakal

Mela Syaharani
28 Maret 2024, 16:55
Spbu, pertamina,
Dok Pertamina Patra Niaga
Pertamina menyegel SPBU yang memasang alat tambahan pada dispenser BBM pada sebuah SPBU di Karawang.
Button AI Summarize

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menanggapi isu penyegelan sejumlah SPBU yang melakukan kecurangan. Nicke mengatakan ia sepakat bahwa penindakan perlu dilakukan.

“Mengenai ketegasan spbu kecurangan, saya sepakat. Kita cabut saja izinnya karena ini tidak bisa ditolerir khususnya untuk konsumen,” kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI pada Kamis (28/3).

Nicke mengatakan pihaknya juga akan menampung masukan dari masyarakat soal SPBU nakal. Namun, Nicke menyampaikan sebelum mencabut izin dari SPBU pihaknya perlu memastikan keamanan pasokan.

“Sebelum adanya pengusaha yang baru, yang menggantikan tentu perlu ada temporary facility yang kita provide. Jadi ketegasan itu perlu tapi sekaligus menjaga, menjamin bahwa dengan adanya penutupan tersebut tidak mengganggu distribusi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso. Dia mengatakan PT Pertamina (Persero) tengah gencar melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia dan menemukan sejumlah SPBU nakal untuk betul-betul memastikan bahwa setiap SPBU beroperasi sesuai dengan standar yang ada.

“Kami sudah memberi peringatan memakai surat resmi, nanti kami lihat setelah dua minggu,” kata Fadjar saat ditemui di Jakarta pada Rabu (27/3).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...