ESDM Lelang Tertutup Tiga WIUP Nikel, Prioritaskan BUMN dan BUMD

Mela Syaharani
18 April 2024, 12:10
nikel, lelang, wiup, pertambangan, minerba, kementerian esdm
Katadata
Kegiatan penambangan bijih nikel PT Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara.
Button AI Summarize

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melaksanakan lelang prioritas terhadap tiga blok wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) mineral dan batu bara (minerba).

Tiga Blok WIUP yang akan dilelang ulang yaitu Blok Bulubalang, Lingke Utara, dan Pongkeru. Tiga Blok tersebut seluruhnya berada di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengumuman rencana lelang akan dilaksanakan pada 17 April hingga 16 Mei 2024. Sementra untuk pendaftaran dan penyampaian dokumen dilakukan pada 17-22 Mei 2024.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan bahwa lelang dilaksanakan secara tertutup atau close bidding pada aplikasi WIUP/WIUPK.

"Lelang dilakukan dengan penawaran tertulis tanpa kehadiran peserta, dilakukan secara daring pada aplikasi lelang WIUP/WIUPK secara tertutup," kata Agus dalam siaran pers, Kamis (18/4).

Agus menyebut bahwa lelang prioritas dilaksanakan karena penawaran terhadap Blok Bulubalang, Lingke Utara, dan Pongkeru tersebut dinyatakan tidak terpenuhi. Sebelumnya ketiga blok tersebut telah ditawarkan secara prioritas kepada BUMN dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Selanjutnya, tiga Blok WIUPK tersebut akan dilaksanakan secara prioritas kepada BUMN ataupun BUMD yang sebelumnya telah menyatakan minat untuk mengelolanya," ujarnya.

Adapun rincian ketiga blok WIUPK yang akan dilakukan lelang prioritas tersebut adalah sebagai berikut:

Blok Bulubalang

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...