Italia Lobi Negara G7 Tetapkan Tenggat Untuk Pensiun dari Batu Bara

Happy Fajrian
29 April 2024, 14:57
batu bara, g7, pltu, italia, pensiun dini pltu
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).
Button AI Summarize

Italia tengah mendorong tercapainya kesepakatan di antara negara-negara kaya Kelompok Tujuh atau Group of Seven (G7) untuk menetapkan tanggal target penghentian penggunaan pembangkit listrik tenaga batu bara.

Kesepakatan ini akan menjadi salah satu langkah yang sejalan dengan arah konferensi iklim PBB COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) tahun lalu untuk beralih dari bahan bakar fosil, di mana batu bara menjadi sumber terbesar emisi karbon.

Italia, yang merupakan presiden bergilir G7 tahun ini, saat ini berencana mematikan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara pada 2025, kecuali di pulau Sardinia yang tenggat waktunya pada 2028.

“Para menteri energi negara G7 akan bertemu pada pertemuan di Turin, Italia akhir pekan ini. Roma ingin membujuk mitra-mitranya untuk menetapkan tanggal target bersama untuk berakhirnya penggunaan batubara,” kata sumber diplomatik Italia seperti dikutip Reuters, Senin (29/4).

“Roma siap untuk mengajukan tenggat waktunya sendiri jika diperlukan untuk menjadi perantara kesepakatan,” kata sumber tersebut menambahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...