Pertamina Tahan Harga BBM Mei Meski SPBU Swasta Kompak Naik

Mela Syaharani
2 Mei 2024, 10:54
harga bbm, pertamina
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina Jalan Riau, Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/62023). PT Pertamina (Persero) kembali menurunkan harga BBM non subsidi seperti pertamax dari harga Rp13.300 menjadi Rp12.500, pertamax turbo dari harga Rp15.000 menjadi Rp13.600 dan dexlite dari harga Rp13.700 mejadi Rp12.650 yang ditetatpkan per 1 Juni 2023.
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) kembali mengambil keputusan untuk tidak menaikkan harga BBM non subsidi pada Mei 2024. Hal ini sejalan dengan janji pemerintah yang menyatakan harga BBM dan tarif listrik tidak naik hingga Juni.

Langkah Pertamina berkebalikan dengan SPBU swasta seperti Shell, BP, dan Vivo yang kompak menaikkan harga BBM-nya hingga sebesar Rp 1.000 per liter.

Pertamina mengatakan bahwa penetapan harga ini dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjamin harga BBM tidak berubah hingga Juni tahun 2024. Situasi itu menurut dia akan berlaku meskipun saat ini terjadi eskalasi konflik antara Iran dengan Israel.

“Ya, harga BBM masih seperti itu (tidak berubah sampai Juni),” ujar Tutuka dalam webinar bertajuk “Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI” yang digelar oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter, Senin (15/4).

Mengenai penahanan harga BBM hingga Juni mendatang sudah beberapa kali disebut oleh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi. Seperti Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengatakan hal serupa.

“Tadi diputuskan dalam sidang kabinet paripurna tidak ada kenaikan listrik serta BBM sampai Juni (2024), baik yang subsidi,” kata Airlangga dikutip dari Antara pada 28 Februari 2023.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...