WoodMac: Penetrasi EV Bakal Tekan Permintaan BBM Global Tahun Ini

Happy Fajrian
6 Mei 2024, 17:05
mobil listrik, bbm, kendaraan listrik, bensin, wood mackenzie
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah pekerja mengisi daya baterai Unit mobil listrik saat perhelatan KTT G20 di Charging Station Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).
Button AI Summarize

Laporan terbaru Wood Mackenzie memperkirakan pertumbuhan permintaan bahan bakar minyak (BBM) secara global berpotensi melambat signifikan pada tahun ini seiring peralihan penggunanan kendaraa listrki di Cina dan Amerika Serikat (AS).

WoodMac memproyeksikan permintaan bensin tahun ini hanya meningkat sebesar 340 ribu barel per hari (bph), jauh di bawah pertumbuhan pada tahun lalu sebesar 700.000 ribu bph. Hal ini lantaranCina semakin mendekati puncak permintaan BBM untuk transportasi, sedangkan AS sudah melewatinya.

“Penetrasi kendaraan listrik meningkat di AS dan Cina,” kata analis WoodMac, Sushant Gupta, seperti dikutip dari Reuters, Senin (6/5). “Untuk tahun ini permintaan BBM Cina hanya tumbuh sebesar 10.000 bph karena penggunaan kendaraan listrik yang lebih tinggi.”

Sementara itu perusahaan konsultan energi global, Rystad Energy, memperkirakan permintaan BBM jenis bensin tahun ini sekitar 26 juta bph, naik sekitar 300.000 bph. Pertumbuhan tersebut di bawah pertumbuhan pada 2023 sebesar 700.000 bph yang didorong ledakan konsumsi pasca Covid-19.

Menurut International Energy Agency (IEA), Cina, yang pernah menjadi pendorong permintaan bensin dunia, diperkirakan menyumbang lebih dari separuh penjualan kendaraan listrik tahun ini.

Lembaga riset China National Petroleum Corp (CNPC) memperkirakan konsumsi bensin Cina tumbuh sekitar 1,3%, atau sekitar 2 juta ton, menjadi 165,1 juta metrik ton (3,8 juta bph) tahun ini.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...