Pipa Gas Cisem Tahap II Mulai Konstruksi Juli, Total Anggaran Rp 3 T

Mela Syaharani
29 Mei 2024, 19:15
proyek cisem, pipa gas cisem, pipa cisem, esdm
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/rwa.
Ilustrasi pipa gas.
Button AI Summarize

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan bahwa proyek jaringan pipa transmisi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap kedua akan dimulai pada Juli 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pembangunan Cisem tahap dua ini memiliki kebutuhan anggaran sebesar Rp 3 triliun.

“Durasi pekerjaan konstruksi selama 17 bulan kalender atau 510 hari dimulai dari Juli tahun ini dan ditargetkan selesai di akhir 2025,” kata Dadan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI pada Rabu (29/5).

Pembangunan Cisem tahap kedua ini memiliki total panjang ruas yang melintang dari Batang hingga Kandang Haur Timur mencapai 245 kilometer. Terkait dengan anggaran yang diperlukan untuk tahap dua ini, Dadan menyebut telah terbit surat review dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tertanggal 15 Maret 2024.

Dadan mengatakan, anggaran untuk manajemen konstruksi saat ini telah tersedia. “Saat ini anggaran EPC Cisem dan layanan dalam proses buka blokir yang mana telah dilaksanakan penelaahan oleh Dirjen Anggaran pada 19 April 2024, terima kasih saya ucapkan pada komisi VII DPR RI terkait revisi dari anggaran untuk Cisem ini,” ujarnya.

Sementara terkait persetujuan multiyears, melalui penerbitan surat dari Menteri Keuangan perihal Persetujuan Kontrak Tahun Jamak Konsultan MK Cisem-2 No. S45/MK.2/2024 tanggal 28 Maret 2024 dan permohonan persetujuan multi-years untuk Pipa Cisem akan diajukan dalam 3 tahun anggaran setelah proses buka blokir ini selesai.

“Jadi kami sedang menyelesaikan untuk dua-duanya proses buka blokir dan juga untuk persetujuan multi-yearsnya,” kata Dadan.

Pembangunan pipa gas Cisem ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional yang diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Pada 2023 pemerintah telah berhasil diselesaikan pembangunan proyek pipa gas Cisem tahap I yakni ruas Semarang-Batang sepanjang 60 km. Pembangunan tahap I menelan biaya Rp 1,13 triliun.

Pembangunan pipa gas Cisem tahap I ini dimulai sejak Mei 2022. Pipa gas ini memiliki diameter pipa 20 inci untuk mentransmisikan gas bumi dengan kapasitas 116 - 235 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dari Stasiun ESDM Semarang di Tambakrejo.

Fasilitas itu membentang ke jalan nasional di utara Kota Semarang hingga pintu tol Krapyak dan melalui tol Semarang - Batang menuju Stasiun ESDM Batang.

“Saat ini juga sudah ada pengaliran gas menuju kawasan industri kendal dan diharapkan kedepannya setelah industri di sana sudah mulai terbangun, maka demand dari gas akan semakin meningkat dan pemanfaatan pipa Cisem juga akan menjadi semakin optimal,” kata dia.

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...