PLN Selesaikan Tiga Infrastruktur Penopang Sistem Kelistrikan di IKN

Image title
2 Juni 2024, 15:09
Petugas PLN tengah mengecek kesiapan gas insulated switchgear di IKN
ANTARA/HO-PLN
Petugas PLN tengah mengecek kesiapan gas insulated switchgear di IKN
Button AI Summarize

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyelesaikan tiga infrastruktur bertegangan tinggi untuk menopang sistem kelistrikan di Ibu Kota Nusantara atau IKN, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Mengutip Antara, tiga infrastruktur dengan realisasi tingkat komponen dalam negeri sebesar 67,29% tersebut, terdiri dari satu unit gas insulated switchgear (GIS) dan dua unit jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt (kV).

"Kami berkomitmen penuh untuk mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN. Ini akan menjadi ibu kota terbaik dengan teknologi canggih, menggunakan sumber energi bersih yang didukung oleh teknologi pintar berbasis kecerdasan buatan paling mutakhir dan estetik," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Ia menjelaskan, keberhasilan PLN menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan itu juga turut menyumbang peningkatan progres pembangunan IKN.

Ini menjadi komitmen perseroan mendukung pemerintah dalam pembangunan IKN sekaligus kesiapan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-79, yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2024 mendatang.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur Raja Muda Siregar menambahkan, pihaknya telah berhasil menyelesaikan infrastruktur kelistrikan dalam waktu yang cepat dan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting.

"Kami berhasil melakukan energize perdana untuk ketiga infrastruktur ini tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada dan diselesaikan dalam waktu kurang dari satu tahun," ujarnya.

Ia menjelaskan, dua jaringan transmisi itu dibangun dengan panjang total 52,8 kilometer sirkuit (kms) dan GIS IKN menjadi yang pertama di Kaltim dengan kapasitas sebesar 120 megavolt ampere (MVA).

Selain itu, ia juga mengapresiasi kolaborasi para pemangku kepentingan mulai dari pemerintah setempat, aparat, masyarakat hingga mitra kerja yang terlibat dalam penyelesaian infrastruktur kelistrikan di IKN tersebut.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...